Mensos Bersama Kepala BNN Tinjau Fasilitas Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido

Minggu, 05 Juli 2020

()

sinarjambi.com - Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara yang didampingi jajarannya bersama dengan Kepala BNN melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar (Babes) Rehabilitasi BNN Lido, Jumat (3/7). Rombongan Mensos dan Kepala BNN disambut langsung oleh Kepala Biro Humas dan Protokol yang merangkap sebagai Plt. Kepala Babes Rehabilitasi BNN Lido. 

Kepala BNN RI, Drs. Heru Winarko S.H. langsung mengajak Mensos untuk meninjau sejumlah fasilitas sambil memberikan penjelasan singkat tentang aktivitas yang dijalankan di Babes. Fasilitas yang dikunjungi antara lain Layanan Rehab Sosial : Primary Programme (House of Change), Layanan Rehabilitasi Perempuan (House of Light), dan Layanan Detoksifikasi. Adapun total jumlah klien yang sedang menjalani rehabilitasi yaitu 151 orang, terdiri dari 145 laki-laki dan 6 perempuan. 

Dari hasil peninjauannya, Mensos mengatakan fasilitas yang dimiliki oleh BNN sangat baik, karena itulah ia meminta agar jajarannya melakukan studi banding ke BNN. Ia menambahkan bahwa ia membawahi lima balai rehabilitasi Napza yang tersebar di beberapa daerah dan lebih dari 100 Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL). Karena itulah, studi banding ke BNN dinilai menjadi agenda yang sangat penting. 

Selain fasilitas yang ada, Mensos juga melihat bahwa BNN telah memiliki lembaga sertifikasi profesi untuk para konselor dan profesi lainnya. Menurutnya, sertifikasi itu penting agar para petugas di instansinya dapat bekerja sesuai standar dan memiliki pengetahuan yang lebih baik. 

“Hal ini perlu dijajaki bersama tim, sehingga nantinya jajaran kami juga bisa mendapatkan sertifikasi dari BNN,” imbuh Mensos. 

Ke depannya, Mensos juga meminta agar Ditjen Rehsos dapat bekerjasama lebih erat dengan BNN dan segera membuat MoU. Kerja sama ke depan tak hanya dalam isu rehabilitasi akan tetapi juga pemberdayaan masyarakat. 

“Orang yang sudah direhabilitasi harus kita berdayakan agar mereka lebih optimis dalam kehidupan yang baru. 

Senada dengan hal tersebut, Kepala BNN RI memberikan apresiasi atas respon Mensos dalam upaya penguatan kerja sama kedua belah pihak. Ia berharap agar sinergitas yang sudah terjalin dengan baik ini dapat lebih meningkat baik dalam aspek rehabilitasi maupun pemberdayaan masyarakat. 

Sementara itu, Plt Kepala Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido, Sulistyo Pudjo Hartono, S.I.K.,M.Si mengucapkan terima kasih atas kunjungan Mensos RI ke sejumlah fasilitas layanan rehab di tempatnya. Ia berharap kerja sama dua pihak ini akan menghasilkan perkembangan yang signifikan dalam hal pelayanan rehabilitasi kepada masyarakat. 

Usai melakukan kunjungan ke tiga tempat di Babes, Kepala BNN dan Mensos sempat transit di aula utama Babes untuk beristirahat sejenak. Dalam momen ini, Kepala BNN menyempatkan diri untuk melakukan colab dengan pemain musik (klien rehabilitasi di Babes) serta berduet dengan Mensos RI. Di penghujung acara, sebelum keduanya bertolak ke Jakarta, Mensos dan BNN RI pun saling bertukar cinderamata sebagai tanda soliditas dan kerjasama kedua pihak. (*/)





BERITA BERIKUTNYA
loading...