Begini Cara Pertamina MOR III Bangkitkan UMKM Saat Pandemi

Kamis, 02 Juli 2020

()

sinarjambi.com - COVID-19 membawa dampak buruk bagi perekonomian Indonesia. Guna mengatasi itu, Pertamina gencar melakukan berbagai upaya untuk membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bangkit kembali.

Salah satunya Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III yang aktif memberikan pelatihan secara online dan pembinaan kepada para mitra binaan di wilayah operasionalnya.

“Dari situ kami bisa memitigasi, mengetahui permasalahan apa yang mereka hadapi,” terang Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami, saat menjadi pembicara dalam acara Talkshow di Radio Elshinta, Selasa, 30 Juni 2020.

Dewi menambahkan, Pertamina juga mengajak para mitra binaannya untuk melakukan perubahan bisnis. Sebagai contoh membuat produk-produk yang digunakan saat pandemi Corona Virus ini, salah satunya masker non medis.

Dimana masker tersebut nantinya digunakan Pertamina dalam kegiatan-kegiatan donasi kepada masyarakat. “Dari awal mereka bingung cara buatnya bagaimana. Kami ajarkan, memberikan contoh dari gambar hingga mereka produksi,” kata Dewi.

Tak cukup sampai disitu, lanjut Dewi, Pertamina juga aktif memberikan motivasi kepada para pegiat UMKM Tanah Air agar tetap semangat dalam berinovasi, di antaranya dengan mengedukasi berjualan secara online melalui marketplace.

Nurhaida, pemilik usaha konveksi tas dan pakaian asal Jakarta ini merasakan langsung manfaat dari program pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan Pertamina.

Dirinya tak menampik, sempat merasa khawatir lantaran wabah Covid-19 berdampak langsung bagi usaha yang ia tekuni dengan nama Kibo By Inu.

Beruntung Pertamina memberikan solusi untuk merubah sementara produk bisnisnya, dari semula konveksi baju dan tas menjadi masker nonmedis.

“Program pendampingan itu sangat membantu. Alhamdulillah, walaupun di rumah saja, kami tetap mengirim barang,” ujar wanita yang akrab dipanggil Inu.

Baginya, banyak manfaat yang didapat setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina sejak tiga tahun belakangan. “Setelah bergabung dengan Pertamina jadi lebih banyak orderan. Pembinaan dari Pertamina kami dibekali pelatihan. Seperti manajemen pengaturan keuangan, pemilihan bahan, kualitas dan cara penjualan online,” bebernya.

Inu juga berpesan kepada seluruh pelaku UMKM di Indonesia untuk sabar dan tetap semangat menghadapi situasi di tengah pandemi ini. “Jangan menyerah di masa pandemi. Tetap semangat,” tutupnya. (*/)





BERITA BERIKUTNYA
loading...