JoomlaLock.com All4Share.net

paninS

Dokter Ingatkan Risiko Hipoksia Akibat Kabut Asap Kebakaran Hutan

Berdasarkan data dari AirVisual, pagi ini kualitas udara di Pekanbaru dan Palangka Raya masih dinyatakan dalam kategori berbahaya. Ini disebabkan karena kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda beberapa wilayah di Kalimantan dan Sumatera.

 

Melihat kondisi buruknya kualitas udara di sana, praktisi kesehatan dan akademisi Prof Ari Fahrial Syam pun mengkhawatirkan kondisi masyarakat di sana yang rentan terserang hipoksia, suatu keadaan kekurangan oksigen yang dapat mengakibatkan permasalahan-permasalahan kesehatan.

 

"Hipoksia seharusnya kita hindari apalagi pada orang yang sudah mempunyai permasalahan pada pembuluh darah, baik pada pembuluh darah otak maupun pembuluh darah jantung. Kadar oksigen yang rendah menyebabkan jantung akan mengalami penurunan suplai oksigen yang berat yang yang dapat menyebabkan terjadinya infark atau kematian jaringan," katanya melalui pesan singkat yang diterima detikcom, Senin (16/9/2019).

 

Prof Ari menambahkan, orang yang sudah mempunyai masalah pada pembuluh darah otak, saat kekurangan oksigen bisa memperburuk kondisi tubuhnya hingga mengakibatkan tidak sadarkan diri.

 

Sebuah penelitiannya membuktikan bahwa kondisi hipoksia sistematik kronik dapat menyebabkan kerusakan pada hati, ginjal, jantung, dan juga lambung. Risiko hipoksia pun disebut Prof Ari bisa diprediksi dengan mengetahui penurunan kadar oksigen yang terjadi akibat asap yang menutup.

 

"Untuk sementara memang masyarakat dianjurkan untuk tidak terhirup asap dan mencegah untuk tidak berada di luar rumah saat jumlah asap masih tinggi," tegas Prof Ari.

(wdw/up)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
18 FebruarI 2020 - 19:10
Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Provinsi Jambi, H.Sudirman,SH.,MH., mengharapkan Rancangan Undang Undang (RUU) ...
Post by Redaksi
18 FebruarI 2020 - 05:41
sinarjambi.com - Kementerian Pertanian menyampaikan niat untuk menaikkan alokasi anggaran untuk pupuk bersubsidi dari ...
Post by Redaksi
08 FebruarI 2020 - 22:24
sinarjambi.com - Toleransi dalam keberagaman, khususnya dalam beragama telah lama terbukti menjadi salah satu pondasi ...
Post by Redaksi
18 FebruarI 2020 - 10:48
sinarjambi.com - Barang Bukti narkotika jenis sabu seberat 15 kg dan 29 Ganja dimusnahkan kerena perkara sudah sampai ...
Post by Redaksi
18 FebruarI 2020 - 08:41
sinarjambi.com - Timnas Indonesia senior belum berlatih taktik selama dibesut Shin Tae-yong. Skuad Garuda terus ...
Post by Redaksi
18 FebruarI 2020 - 18:21
sinarjambi.com - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Barat hadiri pertemuan dalam rangka persiapan ...