JoomlaLock.com All4Share.net

paninx

Ini Alat Canggih Milik Polisi yang Dipamerkan Saat Hari Bhayangkara

sinarjambi.com - Dalam puncak perayaan HUT ke-73 Bhayangkara di Jatim, ada pameran yang memperlihatkan alat-alat canggih milik kepolisian. Termasuk alat yang digunakan untuk melihat isi ponsel.

 

Alat pemeriksa isi ponsel tersebut bernama Celebrite Ufed Touch. Perangkat digital ini merupakan salah satu koleksi Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya.

 

Masyarakat kini diizinkan melihat alat tersebut dari dekat, yakni dalam pameran yang digelar dalam puncak Peringatan HUT ke 73 Bhayangkara. Pameran ini digelar di lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya, Rabu (10/7).

 

"Alat ini digunakan memeriksa isi ponsel," kata Kepala Urusan Narkoba Forensik Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya AKP Yuli Khrisna di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (11/7/2019).

 

Yuli memaparkan, perangkat digital buatan Inggris itu bisa mengakses semua aktivitas ponsel. Saat tersambung ke konektor, semua isi ponsel pun langsung bisa diakses melalui layar monitor laptop. 

 

"Bahkan aktivitas yang sudah dihapus di ponsel," imbuhnya.

 

Tak hanya itu, alat ini juga kerap digunakan untuk melakukan penyidikan suatu kasus. Semua ponsel juga bisa dibaca meskipun histori penggunaannya telah dihapus.

 

"Semua informasi dari ponsel bisa diakses melalui alat ini. Karena prinsipnya di semua ponsel saat nomor ponsel diregistrasi, semua aktivitas pasti bisa diakses," lanjut Yuli.

 

Semua peralatan di Labfor Polri ini merupakan peralatan yang mendukung kinerja penyidikan polisi dengan pendekatan scientific crime investigation. Tak hanya alat pendeteksi ponsel, Polda Jatim juga memamerkan alat-alat canggih lain. Misalnya gas detector untuk mendeteksi aroma gas, perangkat pemeriksa uang palsu, pemeriksa jenis narkoba, hingga perangkat pemeriksa serpihan bom bernama Sabre 4000 dan FT IR.

 

"Alat ini digunakan untuk mendeteksi serpihan bom yang diledakkan di sejumlah lokasi di Surabaya beberapa waktu lalu," pungkasnya.

 

Namun Yuli mengatakan alat yang dipamerkan hanya sebagian. Pasalnya di Mapolda Jatim masih banyak alat berukuran besar yang canggih-canggih. (sun/bdh)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
18 JanuarI 2020 - 08:11
sinarjambi.com - Dalam rangka mencerdaskan dan memotivasi anak-anak selaku generasi penerus Bangsa, personel Pos Nunura ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2020 - 07:39
sinarjambi.com - Bank Indonesia (BI) mengapresiasi ribuan milenial yang berpartisipasi secara aktif dalam ...
Post by Redaksi
17 JanuarI 2020 - 18:47
sinarjambi.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebut ada pengurangan anggaran pengawasan Pilkada 2020 di enam ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2020 - 06:12
sinarjambi.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong institusi penegak hukum untuk terus meningkatkan kapabilitas ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2020 - 06:43
sinarjambi.com - Presiden Joko Widodo menggelar Rapat Terbatas (Ratas) terkait gelaran PON 2020 di Papua. Jokowi ...
Post by Redaksi
17 JanuarI 2020 - 16:39
sinarjambi.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Batalion Infantri Raider 142/Kesatria Jaya ke-67, Satgas ...