JoomlaLock.com All4Share.net
Buat SKTM di Gunungkidul Harus Siap Dikutuk Tuhan Jika Berbohong

sinarjambi.com - Pengajuan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Gunungkidul, DIY, tak cukup dengan pengakuan. Pemohon harus bersedia bersumpah atas nama Tuhan dan rela menerima kutukan jika berbohong pada pengakuannya itu.

 

Narmi (55), warga RT 3 RW 5, Dusun Ngadipiro Kidul, Desa Rejosari, Semin, Kabupaten Gunungkidul, beberapa waktu lalu mengajukan pembuatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) baru. Hal itu dilakukan karena KIS miliknya tiba-tiba diblokir saat digunakan untuk berobat di Puskesmas II Kecamatan Semin.

 

"Atas saran dari dokter saat itu suruh buat (KIS) yang baru," ujar Narmi saat ditemui detikcom di rumahnya, Jumat (14/6/2019).

 

Pengajuan KIS baru harus melalui kantor kelurahan setempat dan diwajibkan mengisi beberapa formulir. Pengajuan itu atas nama Lardiyanto, suami Narmi. "Setelah saya lihat isi surat pernyataannya saya kaget, kok isinya gitu (ada penyataan yang mewajibkan untuk sumpah secara agama)," ujarnya.

 

Menurutnya, suaminya menandatangani karena Narmi membutuhkan KIS untuk berobat. "Inginnya segera dapat KIS, karena saya kerja petani dan buruh. Kena asam lambung ini membuat saya tidak bisa bekerja secara maksimal," ucapnya.

 

Ditemui terpisah, Kepala Desa Rejosari, Paliyo, membenarkan adanya surat pernyataan tersebut. Menurutnya, surat itu sebagai salah satu syarat untuk mengajukan SKTM ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gunungkidul.

 

"Surat itu yang mengeluarkan Dinsos (Gunungkidul) sejak Maret kemarin, dan kami hanya pelaksana saja. Kalau ditanya pendapat pribadi memang isi dalam surat pernyataannya sebetulnya tidak perlu sampai seperti itu (mengharuskan sumpah agama) karena kurang etis saja," ujarnya.

 

Dari yang dibaca detikcom, formulir tersebut dikeluarkan Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul ditujukan untuk seluruh camat dan Kasi Pelayanan Desa se-Kabupaten Gunungkidul. Surat pernyataan miskin dengan sumpah itu disediakan untuk warga beragama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha maupiun penganut kepercayaan. (mbr/mbr)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
17 Agustus 2019 - 21:20
sinarjambi.com - Satu orang pendaki gunung Kerinci atas nama Anggini Putri Anaki (22) dikabarkan mengalami kelelahan ...
Post by Redaksi
17 Agustus 2019 - 14:15
sinarjambi.com - Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang ...
Post by Redaksi
09 Agustus 2019 - 10:31
sinarjambi.com - Mahkamah Konstitusi (MK) kembali melanjutkan pembacaan putusan sengketa Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 ...
Post by Redaksi
16 Agustus 2019 - 10:41
sinarjambi.com - Kepolisian daerah (Polda) Jambi bertindak cepat dan tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan dan ...
Post by Redaksi
17 Agustus 2019 - 12:52
sinarjambi.com - Tim Pelajar Indonesia U-16 Kemenpora RI berhasil mempertahankan gelar juara Boys U-16 Gothia Cup 2019 ...
Post by Redaksi
17 Agustus 2019 - 09:37
sinarjambi.com - “Sumber Daya Manusia Unggul Indoneia Maju”. Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Irwan mengingatkan ...