JoomlaLock.com All4Share.net
Mendikbud Klaim Zonanisasi PPDB Perkecil Jual-Beli Kursi

sinarjambi.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mendatang minim pelanggaran. Dia mengklaim hal itu lantaran diterapkannya sistem zonasi.

 

"Justru dengan zonasi saya kira kecil kemungkinan. Masih ada, tapi bisa kita minimalisir, karena dengan zonasi ini yang diutamakan adalah mereka yang memang punya radius terdekat dengan sekolah sehingga tidak bisa orang masuk begitu saja," kata Muhadjir di Graha Utama Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (9/1/2019).

 

Ketentuan yang dimaksud Muhadjir adalah dihapusnya aturan penggunaan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk mengantisipasi adanya SKTM palsu. Penggunaan SKTM oleh siswa miskin akan digantikan oleh kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

 

Bila siswa miskin tersebut belum memiliki KIP atau terdaftar dalam PKH, Muhadjir juga memberikan solusi. Dia meminta penggunaan data yang dimiliki sekolah pada jenjang sebelumnya.

 

"Ya ada dari sekolah kan ada, daftar list siswa-siswa miskin di sekolah. Nanti sehingga dia akan melanjutkan ke jenjang berikutnya, bisa dideteksi dari situ. Misalnya anak-anak yang terdaftar siswa miskin di SMP yang mau masuk SMA/SMK," kata Muhadjir dilansir detikcom. (dhn/dhn)

Bagikan ke Medsos !
loading...

tnipol

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 22:45
sinarjambi.com - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menyediakan ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 20:30
sinarjsmbi.com - Dalam upaya melindungi industri otomotif dalam negeri dan pengguna kendaraan, pemerintah Indonesia ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 09:08
sinarjambi.com - Setiap partai berusaha memenuhi kuota 30 persen calon legislatif (caleg) perempuan, tapi sampai empat ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 17:32
sinarjambi.com - Perampok bidan desa di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya ditangkap. Pelaku atas nama ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 21:24
sinarjambi.com - Pelatih Tim Nasional Indonesia, Indra Sjafri, mengumumkan 24 nama yang diboyong ke Kualifikasi Piala ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 09:45
sinarjambi.com - Kementerian Keuangan memastikan bahwa kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5% mulai ...