JoomlaLock.com All4Share.net
Kemenko Kemaritiman Gandeng SMSI Canangkan Jurnalisme Kemaritiman

sinarjambi.com - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat untuk kedua kalinya melaksanakan lawatan ke kementerian kemaritiman. Setelah sukses pada lawatan sebelumnya dengan agenda safari digital, pada lawatan kali ini mengusulkan Focus group Discussion (FGD) jurnalisme kemaritiman.

 

Kunjungan SMSI tersebut disambut oleh Staf Ahli Kemenko Kemaritiman Atmadji Sumarkidjo di Gedung Kementerian Koordinator Kemaritiman Jl. M.H. Thamrin No.8, Menteng, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (06/12/2018).

 

Diawali dengan pembahasan tentang eksistensi media cetak yang berhadapan dengan media elektronik, terutama digital yang terdapat di beberapa negara eropa dewasa ini, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai beberapa agenda tentang pers dan kemaritiman.

 

Hadir pada kesempatan tersebut Agus Sudibyo selaku anggota dewan penasehat SMSI Pusat, ketua bidang hubungan antar lembaga dan kerjasama Rasyid Muhammad, Rajab Ritonga mantan direktur pemberitaan Antara, dan Julherman kepala sekretariat SMSI.

 

Agus Sudibyo mengatakan, Indonesia adalah negeri maritim, namun potensi kemaritiman tersebut belum tergali secara optimal terutama dikalangan jurnalis.

 

"Sekarang kan sudah eranya jurnalisme spesifistik seperti jurnalistik ekonomi, politik, sosial, maka tidak salah jika kita mengusulkan tentang jurnalisme kemaritiman," ujarnya.

 

Atmadji Sumarkidjo juga menambahkan usulan tersebut sangat relevan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden tentang kemaritiman yang kemudian hari diamini oleh menko kemaritiman tentang perhatiannya terhadap kelautan.

 

"Harapan saya sebenarnya ingin mendorong SMSI untuk terlebih dahulu menggodok tentang terma jurnalisme kemaritiman sampai kepada hal teknis pelaksanaannya, sehingga bisa ditindaklanjuti lebih jauh," terang Atmadji yang juga pernah menjadi seorang jurnalis itu.

 

Lebih jauh agus menambahkan pada tahap awal akan dilaksanakan beberapa kegiatan seperti seminar perencanaan jurnalisme kemaritiman, FGD penyusunan kurikulum jurnalisme kemaritiman, seri pelatihan jurnalisme kemaritiman, dan penyusunan buku jurnalisme kemaritiman.

 

"Kita ingin mendorong agar para jurnalis tidak hanya memberitakan hal yang bersifat momentum dari beberapa kasus saja, akan tetapi bersifat kontiniu, sehingga penggalian potensi kemaritiman dapat diangkat dan dilirik oleh banyak orang," tutup Agus. (*/Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 12:08
sinarjambi.com - Dibanding tahun 2018, alat dan mesin pertanian (alsintan) menurun dari alokasi APBN kepada ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 07:29
sinarjambi.com - Lewat GOJEK Wirausaha, pelaku UMKM bisa mendapatkan pengetahuan tentang perencanaan bisnis hingga ...
Post by Redaksi
15 FebruarI 2019 - 09:37
sinarjambi.com - KPU mengatakan tidak dapat memaksa caleg yang tidak ingin membuka profil pribadi. Namun KPU menyebut ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 11:17
sinarjambi.com - Aksi bejat dilakukan SMJ (42) warga Penyengat Rendah, Kecamatan Telanai Pura kepada LSP (18)  ...
Post by Redaksi
14 FebruarI 2019 - 12:39
sinarjambi.com - Timnas Indonesia U-22 menyadari krusialnya laga pertama di Piala AFF U-22 2019. Pelatih Indra Sjafri ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 13:34
sinarjambi.com - Penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR 2019 dan Gaji ke-13 untuk PNS atau ASN ...