JoomlaLock.com All4Share.net
Menggelikan, Puluhan Peserta Tes CPNS di Madiun Ketahuan Bawa Jimat

sinarjambi.com - Ada temuan menggelikan saat tes CPNS di Kabupaten Madiun. Petugas Satpol PP yang melakukan penggeledahan sebelum tes dilakukan, menemukan benda-benda aneh atau jimat yang dibawa peserta.

 

Benda-benda aneh yang ditemukan dari peserta tes seperti bungkusan kain putih. Bungkusan kain itu ditemukan dari seorang peserta tes computer assisted test (CAT) yang diselipkan di baju hingga celana dalam.

 

"Waduh jangan disita pak," rengek seorang pria salah satu peserta CPNS yang ditirukan anggota Satpol PP, Marca kepada detikcom, Selasa (6/11/2018).

 

Meski peserta tersebut merengek, namun Satpol PP tetap 'menyita' benda yang dianggap jimat dan disembunyikan di celana dalam. Benda-benda aneh semacam jimat itu ditemukan dari belasan peserta tes CPNS. Mereka pun harus merelakan jimat yang dibawanya agar lulus tes disita satpol PP.

 

"Itu biasanya memang keyakinan orang Jawa ada saja yang seperti itu," terang Kabid Mutasi Pegawai BKD Kabupaten Madiun, Sri Diana Kusumaningrum saat dihubungi wartawan.

 

Jimat yang dibawa peserta lanjut Diana selama hari pertama dan hari kedua tes ini diantaranya berupa kayu, kertas yang dilipat, dan kain putih.

 

"Benda yang diduga jimat itu disimpan di kerah baju, sepatu, saku, dan ada juga yang diselipkan di baju dan celana dalam," tuturnya.

 

 

Dia mengatakan, pelaksanaan tes CPNS kabupaten Madiun berlangsung tiga hari yakni pada Sabtu (3/11), Minggu (4/11) dan Senin (5/11). Benda-benda yang dianggap jimat tersebut dari pengakuan peserta agar bisa lulus tes CPNS.

 

"Oleh panitia barang-barang sudah dibuang. Sebab, sejak awal panitia sudah mengingatkan kepada peserta, agar menitipkan benda berharga kepada saudara atau dititipkan ke tempat penitipan yang sudah disediakan panitia," ungkapnya.

 

Dari data yang dihimpun detikcom, sesuai dengan peraturan tes CPNS, peserta hanya diperbolehkan membawa pensil, kartu peserta, dan KTP. Tes CPNS yang diselenggarkan BKD Kabupaten Madiun digelar tiga hari. Hari pertama dan kedua diikuti 1.908. Sedangkan hari ketiga Senin (5/11/2018) diikuti 1.140 peserta. (bdh/bdh)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
18 JanuarI 2019 - 12:24
sinarjambi.com - Sekarang ini masyarakat terlihat lengah, hanya berpikir untuk berlomba-lomba membangun dan membesarkan ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2019 - 14:21
sinarjambi.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16-17 Januari 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI ...
Post by Redaksi
08 JanuarI 2019 - 21:21
sinarjambi.com - KPU memastikan surat suara untuk Pemilu 2019 akan diproduksi pada pertengahan Januari. Nantinya surat ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2019 - 11:23
sinarjambi.com - Polisi menghentikan pemeriksaan laporan Baiq Nuril Maknun terhadap eks Kepsek SMAN 7 Mataram, H Muslim ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2019 - 13:44
sinarjambi.com - Pelatih Tim nasional Indonesia U-22, Indra Sjafri, tak melarang para pemain menggunakan telepon ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2019 - 09:48
sinarjambi.com - Seorang karyawan Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), Lampung, dengan inisial EP (40), tewas ...