JoomlaLock.com All4Share.net

paninS

Sri Mulyani: APBN Pasti Alami Perubahan

sinarjambi.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 mengalami perubahan. Hal itu menyusul virus corona (COVID-19) yang telah memukul perekonomian dunia dan Indonesia.

 

Sri Mulyani mengaku banyak indikator yang menunjukkan APBN harus dirombak, mulai dari asumsi dasar makro ekonomi, hingga pertumbuhan ekonomi nasional yang melebar dari target.

 

"Dengan perubahan begitu banyak, dan dari sisi alokasi anggaran sesuai Inpres Nomor 4 2020 di mana kita lakukan refocusing dan realokasi anggaran, APBN pasti alami perubahan," kata Sri Mulyani saat video conference, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

 

Sri Mulyani mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait rencana tersebut. Oleh karena itu pihak parlemen merekomendasikan tiga opsi kepada pemerintah jika ingin melakukan APBN-Perubahan di tahun 2020.

 

"Yang kita bicarakan dengan DPR, bagaimana mekanisme perubahan dalam situasi mendesak. Bahkan Banggar menyebutkan, situasi ini kegentingan memaksa dan inilah disampaikan lewat Perppu," jelas Sri Mulyani.

 

"Perppu menyangkut perubahan APBN. Realokasi anggaran K/L antar program maupun Pemda lewat APBD, DAU, DAK, dana desa, itu semua mendapatkan landasan hukum yang baik. Jadi, walaupun situasi emergency, kita tetap melakukan situasi yang cukup dari sisi legislasi baik," tambahnya. (detik.com)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
30 Maret 2020 - 21:17
sinarjambi.com - Kondisi pasien pertama yang dinyatakan positif virus corona alias covid-19, diklaim semakin membaik. ...
Post by Redaksi
30 Maret 2020 - 20:23
sinarjambi.com - Bank Indonesia (BI) mengeluarkan Indeks Literasi Ekonomi Syariah pada hari ini (30/3), sebagai salah ...
Post by Redaksi
31 Maret 2020 - 05:22
sinarjambi.com - Komisi II DPR bersama KPU, Bawaslu, DKPP, dan Kemendagri sepakat menunda tahapan Pilkada Serentak 2020 ...
Post by Redaksi
30 Maret 2020 - 20:57
sinarjambi.com - Tim Sultan Polres Tebo, Polda Jambi kembali berhasil menangkap terduga pelaku pembobolan Alfamart di ...
Post by Redaksi
30 Maret 2020 - 10:29
sinarjambi.com - Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) keberatan dengan salah satu keputusan force majeure ...
Post by Redaksi
31 Maret 2020 - 07:28
sinarjambi.com - Pemerintah melarang pegawai negeri sipil (PNS) untuk melakukan perjalanan ke luar daerah, termasuk ...