JoomlaLock.com All4Share.net
Satgas Yonif R 142/KJ Latih Cara Membuat Kerajinan Tangan Kepada Masyarakat

sinarjambi.com - Personel Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ menganjarkan cara membuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian warga.

 

"Hal ini mereka lakukan karena tingginya tingkat pengangguran dan sempitnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga personel Pos Silawan berinisiatif untuk mengajarkan cara membuat kerajinan tangan yang memiliki nilai jual," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

 

"Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Dusun Halimuti Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kab. Belu Nusa Tenggara Timur," ucapnya.

 

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan ini dilaksanakan oleh Serda Bin Sar selaku Wadanpos Silawan beserta 4 orang personel lainnya.

 

"Pada saat musim kemarau, kekurangan air telah berakibat pada kegagalan panen hasil pertanian masyarakat sehingga berdampak pada menurunya tingakat perekonomian masyarakat di perbatasan," terangnya lebih lanjut di Mako Satgas Atambua (14/11/2019).

 

"Kami berharap, ilmu kerajinan tangan yang diajarkan dapat menjadi industri rumah tangga, sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat yang ada di perbatasan," ungkapnya.

 

Kerajinan tangan yang dibuat berasal dari barang-barang bekas yang tidak terpakai lagi berupa botol air mineral, pipet minum dan kertas bekas yang dirangkai hingga menjadi vas bunga, kotak tissue serta tas-tas kecil.

 

Terpisah, Bpk. Ameo (58) menyampaikan ungkapan rasa terima kasih, karena merasa sangat terbantu atas keberadaan personel Satgas disekitar wilayah Desa Silawan.

 

"Terima kasih banyak bapak malai (artinya Tentara dalam bahasa Tetun) yang telah membantu memberikan keterampilan yang memiliki nilai jual sehingga dapat menjadi usaha rumahan di Dusun Halimuti, saya doakan semoga bapak malai sehat dan sukses terus selama penugasan," ucap Bpk. Ameo selaku Kepala Dusun Halimuti.

 

Sementara intu, Letda Inf M. Zandra selaku Danpos Silawan menyampaikan tanggapannya terhadap warga masyarakat desa binaan.

 

"Ilmu pengetahuan tentang kerajinan tangan yang kami berikan diharapkan memiliki nilai jual sehingga dapat menjadi usaha rumahan dalam meningkatkan ekonomi warga masyarakat dan hal ini merupakan salah satu contoh wujud pengabdian TNI terhadap masyarakat di medan penugasan," ungkapnya.

 

"Meskipun tugas pokok kami sebagai satuan pengaman perbatasan wilayah RI-RDTL, namun ada pula tugas yang tak kalah jauh penting, yaitu dapat membantu meringankan kesulitan warga masyarakat di wilayah perbatasan, karena rakyat adalah ibu kandung TNI," tegasnya lebih lanjut. (*/Lan)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 23:20
sinarjambi.com - Penampilan Wali Kota Jambi, Sy Fasha bersama vokalis band ibukota J-Rocks menjadi puncak penutupan ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 15:43
sinarjambi.com - Dana corporate social responsibility (CSR) BUMN dinilai belum fokus pada sektor pendidikan dan ...
Post by Redaksi
14 November 2019 - 19:44
sinarjambi.com - Pasca pengunduran diri dr Iskandar Budiman Oktober 2019 lalu, akhirnya DPP Partai Perindo memberikan ...
Post by Redaksi
15 Desember 2019 - 00:23
sinarjambi.com - Keberadaan Fellas Cafe yang berdekatan dengan masjid Assaadah, Sukerejo, Thehok dipermasalahkan Front ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 14:37
sinarjambi.com - Sebanyak 26 pemain asing lolos tes medis Indonesian Basketball League (IBL). Mereka dinyatakan layak ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 16:41
sinarjambi.com - Personel Pos Laktutus Satgas Pamtas RI- RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ membagikan pakaian layak ...