JoomlaLock.com All4Share.net
KPU akan Minta Tafsir Batas Waktu Penghitungan Suara ke MK

sinarjambi.com - Ketua KPU Arief Budiman mengatakan penghitungan suara harus selesai pada hari pemungutan suara atau satu hari. KPU akan meminta tafsir kepada Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pasal 383 Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu. 

 

Arief mengatakan penghitungan suara dimulai setelah pemungutan suara selesai, yaitu pukul 13.00. Arief mengatakan sudah diadakan simulasi pemungutan suara di sejumlah lokasi, di antaranya di DI Yogyakarta.

 

Pada simulasi di DIY, proses penghitungan suaranya lewat pukul 00.00. Menurut Arief, hal itu tetap diperbolehkan asalkan tidak ada jeda penundaan hingga esok hari. Artinya, penghitungan suara harus langsung diselesaikan pada hari itu juga. 

 

"Di beberapa tempat, proses penghitungan suaranya bervariasi. Ada yang bisa selesai jam 11 (malam), 12 (malam), tapi kemarin di Yogya kabarnya, saya belum terima laporan resminya, sampai jam 2 pagi. Jadi melampaui tengah malam," kata Arief di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

 

Arief mengaku, untuk memperkuat payung hukum, KPU akan meminta penafsiran Pasal 383 UU Pemilu ke MK. 

 

"Boleh, kami ya kan dihitung pada hari yang sama, tetapi kalau tidak selesai, kami akan meminta supaya tetap dilakukan penghitungan. Tapi tidak boleh berhenti, misalnya sudah pukul 00.00, kita setop dulu, itu nggak boleh. Kita akan minta itu diteruskan. Nah, nggak ada maksimalnya, sampai selesai. Karena nggak mungkin pemilu karena lewat 00.00 batal. Pasal itu termasuk yang akan kita mintakan tafsirnya ke MK," ungkap Arief.

 

Ia mengatakan praktik seperti itu sudah dilakukan pada Pemilu 2014. Apabila belum selesai, penghitungan suara setelah lewat tengah malam tetap dilanjutkan.

 

"Ya tentu, ini sebetulnya praktik ini sudah kita jalankan dari pemilu ke pemilu. Jadi kalau memang belum selesai dilanjutkan sampai selesai," kata Arief.

 

Pasal 383 UU Pemilu berbunyi: 

(1) Penghitungan suara di TPS/TPSLN dilaksanakan setelah waktu pemungutan suara berakhir.

(2) Penghitungan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dilakukan dan selesai di TPS/TPSLN yang bersangkutan pada hari pemungutan suara. (yld/jbr)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
27 Mei 2019 - 07:24
sinarjambi.com - Dalam melaksanakan pengamanan rangkaian Hari Idul Fitri 1440 H, berbagai persiapan pengamanan telah ...
Post by Redaksi
24 Mei 2019 - 18:32
sinarjambi.com - Jelang musim mudik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengecek kesiapan jalur ...
Post by Redaksi
21 Mei 2019 - 07:37
sinarjambi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Joko Widodo ...
Post by Redaksi
27 Mei 2019 - 08:37
sinarjambi.com - Lutfi Dwi Ariyanto (33) membunuh istrinya Fisa Wuri Hermandani (32) karena motif asmara. Sang istri ...
Post by Redaksi
25 Mei 2019 - 11:40
sinarjambi.com - Lewat PSSI, Indonesia resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Alasannya PSSI ...
Post by Redaksi
25 Mei 2019 - 20:50
sinarjambi.com - Tarif seluruh ruas tol operasional di Indonesia akan dikenakan diskon 15% pada mudik dan arus balik ...