JoomlaLock.com All4Share.net
KPU akan Minta Tafsir Batas Waktu Penghitungan Suara ke MK

sinarjambi.com - Ketua KPU Arief Budiman mengatakan penghitungan suara harus selesai pada hari pemungutan suara atau satu hari. KPU akan meminta tafsir kepada Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pasal 383 Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu. 

 

Arief mengatakan penghitungan suara dimulai setelah pemungutan suara selesai, yaitu pukul 13.00. Arief mengatakan sudah diadakan simulasi pemungutan suara di sejumlah lokasi, di antaranya di DI Yogyakarta.

 

Pada simulasi di DIY, proses penghitungan suaranya lewat pukul 00.00. Menurut Arief, hal itu tetap diperbolehkan asalkan tidak ada jeda penundaan hingga esok hari. Artinya, penghitungan suara harus langsung diselesaikan pada hari itu juga. 

 

"Di beberapa tempat, proses penghitungan suaranya bervariasi. Ada yang bisa selesai jam 11 (malam), 12 (malam), tapi kemarin di Yogya kabarnya, saya belum terima laporan resminya, sampai jam 2 pagi. Jadi melampaui tengah malam," kata Arief di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

 

Arief mengaku, untuk memperkuat payung hukum, KPU akan meminta penafsiran Pasal 383 UU Pemilu ke MK. 

 

"Boleh, kami ya kan dihitung pada hari yang sama, tetapi kalau tidak selesai, kami akan meminta supaya tetap dilakukan penghitungan. Tapi tidak boleh berhenti, misalnya sudah pukul 00.00, kita setop dulu, itu nggak boleh. Kita akan minta itu diteruskan. Nah, nggak ada maksimalnya, sampai selesai. Karena nggak mungkin pemilu karena lewat 00.00 batal. Pasal itu termasuk yang akan kita mintakan tafsirnya ke MK," ungkap Arief.

 

Ia mengatakan praktik seperti itu sudah dilakukan pada Pemilu 2014. Apabila belum selesai, penghitungan suara setelah lewat tengah malam tetap dilanjutkan.

 

"Ya tentu, ini sebetulnya praktik ini sudah kita jalankan dari pemilu ke pemilu. Jadi kalau memang belum selesai dilanjutkan sampai selesai," kata Arief.

 

Pasal 383 UU Pemilu berbunyi: 

(1) Penghitungan suara di TPS/TPSLN dilaksanakan setelah waktu pemungutan suara berakhir.

(2) Penghitungan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dilakukan dan selesai di TPS/TPSLN yang bersangkutan pada hari pemungutan suara. (yld/jbr)

Bagikan ke Medsos !
loading...

tnipol

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 10:28
sinarjambi.com - Gubernur Jambi Fachrori Umar, Selasa (19/3/2019) pagi menyerahkan laporan SPT tahunan orang pribadi ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 12:31
sinarjambi.com - Pemerintah dan Bank Indonesia menyepakati enam langkah strategis untuk mendorong penerimaan devisa ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 09:08
sinarjambi.com - Setiap partai berusaha memenuhi kuota 30 persen calon legislatif (caleg) perempuan, tapi sampai empat ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 17:32
sinarjambi.com - Perampok bidan desa di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya ditangkap. Pelaku atas nama ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 21:24
sinarjambi.com - Pelatih Tim Nasional Indonesia, Indra Sjafri, mengumumkan 24 nama yang diboyong ke Kualifikasi Piala ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 09:45
sinarjambi.com - Kementerian Keuangan memastikan bahwa kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5% mulai ...