JoomlaLock.com All4Share.net
KPU Diminta Perhatikan Pekerja yang Masuk Saat Pencoblosan

sinarjambi.com - KPU tengah memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 bersih dari identitas ganda. DPT ini dinilai harus memperhatikan hak warga, termasuk bagi mereka yang bekerja pada hari pencoblosan pada 17 April 2019.

 

"Kalau dalam pandangan kami DPT bersih tak cukup, yang kita perlukan DPT konstitusional," ujar Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini, dalam dialog publik 'DPT Bersih, Selamatkan Hak Pilih', di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9/2018).

 

Dilansir dari detik.com, Titi mengatakan hak pilih memiliki konteks besar. Sehingga menurutnya KPU perlu meluaskan komitmentnya untuk memastikan hak pilih warga tidak hilang.

 

"Kalau bersih saja KPU kerjanya prosedural, kalau bicara hak pilih masyarakat konteksnya lebih besar. Jadi kalau bicara soal DPT kita perlu luaskan komitmen kita, tidak hanya bersih tapi juga memastikan warga yang punya hak pilih tidak tereliminasi (tersisihkan)," kata Titi. 

 

Dia mengatakan penggunaan hak pilih tidak dapat selalu tergantung pada partisipasi. Salah satu contohnya, kata Titi, jam kerja dalam profesi dokter dan suster pada saat hari pemungutan suara. 

 

"Dokter dan perawat apa iya dokter dan perawat bisa diatur jam kerjanya bahwa pada 17 April 2019 harus masuk kerja sehingga A5 bisa diurus?" sebutnya.

 

"Itu juga harus menjadi isu, kalau bicara hak pilih tidak hanya mendata hak pilih, tapi bagaimana penggunaan hak pilih itu bisa dipergunakan dengan baik," tambah Titi.

 

Sehingga menurutnya, KPU memiliki keputusan dalam memperluas komitmennya. Dengan memperhatikan bagaimana warga negara dapat menggunakan hak pilihnya.

 

"KPU melayani pemilih dengan ala kadarnya, atau ingin meluaskan komitmennya untuk perlindungan warga negara untuk menggunakan hak pilihnya dan diperlakukan secara setara," ucap dia. (dwia/elz)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
27 Mei 2019 - 07:24
sinarjambi.com - Dalam melaksanakan pengamanan rangkaian Hari Idul Fitri 1440 H, berbagai persiapan pengamanan telah ...
Post by Redaksi
24 Mei 2019 - 18:32
sinarjambi.com - Jelang musim mudik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengecek kesiapan jalur ...
Post by Redaksi
21 Mei 2019 - 07:37
sinarjambi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuntaskan rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. Pasangan Joko Widodo ...
Post by Redaksi
27 Mei 2019 - 08:37
sinarjambi.com - Lutfi Dwi Ariyanto (33) membunuh istrinya Fisa Wuri Hermandani (32) karena motif asmara. Sang istri ...
Post by Redaksi
25 Mei 2019 - 11:40
sinarjambi.com - Lewat PSSI, Indonesia resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Alasannya PSSI ...
Post by Redaksi
25 Mei 2019 - 20:50
sinarjambi.com - Tarif seluruh ruas tol operasional di Indonesia akan dikenakan diskon 15% pada mudik dan arus balik ...