JoomlaLock.com All4Share.net

Additional Info

  • -: Panwaslu Sarolangun Eksekusi APS Parpol
Edi Martono : Semua Baleho Terindikasi Parpol Kita Bongkar
Ketua Panwaslu Sarolangun Edi Martono Foto : Aguswanto/sinarjambi.com

sinarjambi.com - Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sarolangun menepati janjinya, Jumat (29/3) untuk mengeksekusi alat peraga sosialisasi (APS) bakal calon legislatif (Bacaleg) Partai politik (Parpol) seperti baleho dan spanduk yang dipasang sebelum tahapan sosialisasi diberlakukan.

Eksekusi APS dilakukan pada setiap kecamatan yang terpasang Baleho dan spanduk yang terindikasi Bacaleg dan Parpol.

"Semua Baleho atau spanduk yang terindikasi Parpol kita bongkar," ucap Edi Martono di kantornya usai kegiatan eksekusi APS.

Sebagaimana yang diberitakan sinarjambi.com sebelumnya, tindakan ini dilakukan sesuai degan wewenang yang dimiliki Panwaslu berdasarkan Undang undang nomor 7 tahun 2017 dan Peraturan KPU nomor 5 tahun 2018 tentang tahapan pemilu.

Serta surat edaran (SE) Bawaslu RI nomor 0315 tanggal 28 Februari 2018 perihal larangan pelaksanaan kampanye (melakukan sosialisasi) parpol peserta pemilu sebelum tahapan yang telah ditetapkan, sedangkan tahapan kampanye dimulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

Panwaslu Sarolangun dalam melakukan eksekusi langsung dipimpin oleh Ketua Edi Martono, SE, bersama pimpinan Panwaslu Kabupaten Sarolangun Mudrika, SH, MH dan Abdu Syukur, S.Pd.

Koordinasi juga dilakukan dengan anggota Panwaslu Kecamatan bekerjasama dengan KPU Sarolangun, Sat Pol PP dan Kesbang Pol dihadiri pihak pemerintah kecamatan.

APS yang dieksekusi berupa spanduk dan baleho terdiri dari empat parpol peserta pemilu yakni partai PAN, Demokrat, Nasdem dan Gerindra.

APS yang dieksekusi tidak hanya menyangkut indikasi sosialisasi Bacaleg, tapi juga yang berisi indikasi sosialisasi Parpol, seperti Baleho yang berukuran besar yang berlokasi di simpang Jambi (simpang empat pelayang) yakni baleho Partai Nasdem dan PDI Perjuangan.

Walaupun harus dengan bantuan mobil truk dalam suasana lalu lintas yang padat, namun dua baleho tersebut dapat dibongkar.

Ketua Panwaslu Edi Martono mengingatkan kepada parpol peserta pemilu agar mengikuti aturan yang sudah diatur di dalam Undang undang nomor 7 tahun 2017 pasal 275 dan peraturan yang ditetapkan KPU.

"Karena apabila melanggar Undang undang dan peraturan yang berlaku, bacaleg bisa didiskualifikasi atau pencalonan bisa dibatalkan," pungkas Esi Martono. (Agus/adv)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 12:08
sinarjambi.com - Dibanding tahun 2018, alat dan mesin pertanian (alsintan) menurun dari alokasi APBN kepada ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 07:29
sinarjambi.com - Lewat GOJEK Wirausaha, pelaku UMKM bisa mendapatkan pengetahuan tentang perencanaan bisnis hingga ...
Post by Redaksi
15 FebruarI 2019 - 09:37
sinarjambi.com - KPU mengatakan tidak dapat memaksa caleg yang tidak ingin membuka profil pribadi. Namun KPU menyebut ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 11:17
sinarjambi.com - Aksi bejat dilakukan SMJ (42) warga Penyengat Rendah, Kecamatan Telanai Pura kepada LSP (18)  ...
Post by Redaksi
14 FebruarI 2019 - 12:39
sinarjambi.com - Timnas Indonesia U-22 menyadari krusialnya laga pertama di Piala AFF U-22 2019. Pelatih Indra Sjafri ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 13:34
sinarjambi.com - Penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR 2019 dan Gaji ke-13 untuk PNS atau ASN ...