JoomlaLock.com All4Share.net

paninS

Sum Indra Bersama Tim PPUU DPD RI Gelar Diskusi BUMDes di Unja
Foto : Rolan/sinarjambi.com

sinarjambi.com - Anggota DPD RI asal Provinsi Jambi, M Sum Indra, SE, M.MSI hadir dalam Focus Group Discussions (FGD's) di kampus Unja Mendalo, Jumat (7/2/2020) pagi. FGD's bekerjasama dengan fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja.

 

Sum Indra hadir sebagai anggota Panitia Perancang Undang-undang (PPUU) DPD RI. Rombongan yang terdiri 10 anggota DPD RI ini, dipimpin ketua PPUU DR Alirman Sori.

 

Sum Indra dan Alirman Sori tampil sebagai nara sumber bersama dua dosen Unja, yakni DR Bahder Johan dan DR Syafarudin.

 

"Kunjungan kerja tim PPUU DPD RI ini dalam rangka menginvetarisir Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," ujar Sum Indra.

 

Peserta FGD's merupakan mahasiswa S2 dan S3 fakuktas ekonomi Unja serta pemerhati dana desa dan peneliti.

 

Dipaparkan, berdasarkan pasal 4 Permendesa nomor 4 tahun 2015 tentang desa menjelaskan, desa dapat mendirikan BUM desa dengan beberapa pertimbangan.

 

Diantaranya, inisiatif pemerintah desa dan atau masyarakat desa, adanya potensi usaha ekonomi desa, sumber daya alam di desa serta sumber daya manusia yang mampu mengelola BUMdes.

 

Tak kalah penting adalah penyertaan modal dari pemerintah desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa yang diserahkan untuk dikelola sebagai bagian dari usaha BUM desa.

 

Sementara, sesuai pasal 3 Permendesa No 4 tahun 2012, BUM desa bertujuan meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar manfaat untuk kesejahteraan desa serta meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

 

Selain itu juga bertujuan mengembangkan rencana kerjasama usaha antar desa dan atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga.

 

"BUMdes sangat strategis. Berdasarkan undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, keberadaan BUMdes selain dapat meningkatkan pendapatan di pedesaan, juga merupakan salah satu solusi pemberantasan kemiskinan dan meningkatkan daya saing desa," jelas Sum Indra.

 

Anggota tim PPUU DPD RI lainnya yang hadir yakni Badikenita, Fahira Idris, Adilla Azis, Amaliah, Maria Goretti, Djafar Alkatiri, Dewi Sartika Hemeto dan Otopianus P Tebai. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 13:40
sinarjambi.com - Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Chirstian S.I.K.,M.H menyambut kegiatan audensi Ketua Kpu dan Ketua ...
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 12:39
sinarjambi.com - Untuk mencegah dampak wabah corona terhadap perekonomian nasional, pemerintah menyuntikkan stimulus ...
Post by Redaksi
28 FebruarI 2020 - 21:10
sinarjambi.com - Kabupaten Batanghari akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Masing-Masing Calon ...
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 06:40
sinarjambi.com - Lina alias Heyni ditangkap polisi karena membunuh suaminya sendiri bernama Halidi secara sadis. Lina ...
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 07:54
sinarjambi.com - Pelatih ganda campuran Richard Mainaky mengungkap alasan dibalik mundurnya Tontowi Ahmad dari Pelatnas ...
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 11:14
sinarjambi.com - Untuk menghadapi tantangan era informasi saat ini, Satuan penerangan dapat melaksanakan sosialisasi ...