JoomlaLock.com All4Share.net

paninS

Fasha Jelaskan Kebijakannya Liburkan Sekolah Ke Kepsek SD/SMP Swasta

sinarjambi.com - Kebijakan meliburkan sekolah murid SD dan siswa SMP negeri/swasta dan sederajat oleh pemerintah kota (Pemkot) Jambi, dijelaskan Walikota Jambi Sy Fasha kepada seluruh kepala sekolah (kepsek).

 

Bertempat di aula Griya Mayang, rumah dinas Walikota Jambi, para kepsek, khususnya swasta diberi penjelasan secara detil dan gamblang sesuai data dan fakta oleh Walikota Sy Fasha, kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Jambi, Ardi dan kepala dinas Kesehatan dr Ida Yuliati.

 

Fasha menegaskan, bijakan yang diambilnya bukan keinginan pribadi, melainkan berdasarkan data dari alat Air Qualiity Monitoring System (AQMS) Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kota Jambi, yang secara rutin dilaporkan kepadanya.

 

"Jadi Saya berat juga meliburkan sekolah, karena akan mengganggu proses belajar mengajar anak. Namun ada yang lebih penting lagi dari itu, yakni kesehatan anak-anak sekolah akibat dampak asap," jelas Fasha, Rabu (11/9/2019) pagi.

 

Paparan Fasha ini didukung penjelasan langsung yang disampaikan Ardi. Menurutnya, alat AQMS secara kontinui mencatat kualitas udara.

 

"Jadi pemkot Jambi punya alat yang namanya AQMS yang terpasang di lapangan kantor Walikota. Data yang dicatat terhubung langsung ke kementerian lingkungan hidup," jelas Ardi.

 

Kepada wartawan usai acara, Fasha menjelaskan acara terkait dengan kondisi udara yang fluktuasi dan juga terkait dengan kebijakan meliburkan dan mengurangi jam belajar.

 

"Karena ada beberapa sekolah yang disinyalir masih memaksakan siswanya masuk sekolah. Kenapa kebijakan ini diambil, dengan berbagai pertimbangan dan alasan," kata Fasha.

 

"Tadi juga kami minta Dinas Kesehatan menyampaikan terkait dengan dampak apabila terpapar atau tercium dan atau misalnya masalah ISPA dan lain sebagainya."

 

"Tadi juga kami minta Dinas Lingkungan Hidup untuk menyampaikan bagaimana kondisi kualitas udara. Dan bagaimana kebijakan pemerintah pada saat ambil kebijakan, memutuskan untuk meliburkan atau jam belajar itu dikurangi dengan data-data yang disajikan oleh dinas lingkungan hidup."

 

"Kami sampaikan kepada seluruh kepala sekolah atas kebijakan ini dan kebijakan ini juga harus diterapkan. Karena kami yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat, kami yang bertanggung jawab terhadap kesehatan anak-anak kita semua."

 

"Kami tidak ingin korban ISPA seperti kejadian 2015 yang lebih dari 100.000 kasus ISPA yang ada di kota Jambi ini. Untuk itu kami akan berupaya maksimal untuk meminimalisir itu," tegas Fasha.

 

Kerjasama yang sinergi sangat diharapkannya, demi kepentingan yang lebih besar, yakni kesehatan warga khususnya anak sekolah.

 

Walikota sarat prestasi ini juga betul-betul meminta perhatian serius pihak sekolah swasta, untuk tidak memaksakan siswa masuk sekolah.

 

"Kami harapkan ada kerjasama dengan pihak-pihak swasta untuk tidak memaksakan kehendaknya, apabila kualitas udara sudah berbahaya. Tapi jika masih ada juga sekolah yang memaksakan kehendaknya, maka kami akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan otoritas kewenangan yang kami miliki," ujarnya.

 

Dalam pertemuan tadi, Fasha mendapat komitmen dari pihak sekolah untuk mengikuti dan patuh kepada apa yang diambil oleh Walikota.

 

Selain itu, Ia kembali menghimbau pihak sekolah melakukan shalat minta hujan. 

 

"Terkait dengan kebijakan ini, mudah-mudahan tadi sudah saya sampaikan juga kepada semua sekolah apapun bentuknya, sekolah agama apapun untuk sama-sama berdoa sesuai dengan agama kepercayaan, untuk yang pertama kita berdoa supaya bencana asap ini cepat berakhir."

 

"Kedua hujan juga cepat turun di kota Jambi dan provinsi Jambi. Yang ketiga adalah angin juga untuk tidak lagi membawa asap misalnya di atas Jambi ini," pungkas Fasha.

 

Fasha juga membagikan secara simbolis masker kepada seluruh kepala sekolah yang hadir, untuk dibagikan ke murid dan siswa sekolah. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
28 FebruarI 2020 - 21:34
sinarjambi.com - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori meminta Ikatan Guru Taman ...
Post by Redaksi
28 FebruarI 2020 - 18:25
sinarjambi.com - Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 mengamanatkan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH ...
Post by Redaksi
28 FebruarI 2020 - 21:10
sinarjambi.com - Kabupaten Batanghari akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Masing-Masing Calon ...
Post by Redaksi
28 FebruarI 2020 - 15:31
sinarjambi.com - Satu Minggu kabur membawa kekasihnya RNA (17) kepadang, Sumatera Barat, pelaku ER ( 20) dibekuk Tim ...
Post by Redaksi
28 FebruarI 2020 - 17:56
sinarjambi.com - Timnas Indonesia U-16 menutup rangkaian TC di Yogyakarta dengan laga uji coba melawan Sleman U-16. ...
Post by Redaksi
28 FebruarI 2020 - 20:38
sinarjambi.com - Jemaah umrah Indonesia tidak perlu risau pasca kebijakan pemerintah Arab Saudi menutup sementara pintu ...