JoomlaLock.com All4Share.net
Gubernur Jambi Serahkan Remisi HUT ke-74 RI Kepada 2.654 Narapidana
Foto : Rolan/sinarjambi.com

sinarjambi.com - Gubernur Jambi Fachrori Umar menyerahkan remisi HUT ke-74 Republik Indonesia kepada 2.654 narapidana se-Provinsi Jambi, Sabtu (17/8/2019) siang.

 

Menteri Hukum dan HAM dalam sambutan yang dibacakan Fachrori mengatakan, remisi adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada warga binaan pemasyarakatan yang telah berbuat baik dan berkelakuan baik sesuai syarat yang ditetapkan dalam perundang-undangan, selama menjalani masa pidana yang dijatuhkan kepadanya.

 

"Bentuk perhatian pemerintah ini atau negara hadir adalah mengurangi masa menjalani pidana yang diatur dalam UU tentang presiden nomor 174 tahun 1999 tentang remisi. Setiap tahun pada umumnya warga binaan pemasyarakatan memperoleh dua macam remisi, yakni remisi umum dan khusus."

 

"Umum adalah pengurangan menjalani hukuman yang diberikan bertepatan dengan hari kemerdekaan negara Indonesia yaitu setiap tanggal 17 Agustus," jelas Menteri.

 

Menteri menambahkan, kemerdekaan memang perlu disyukuri. Dalam memperingati hari kemerdekaan ini, kata Menteri, ttentunya menjadi milik bagi segenap lapisan masyarakat pada umumnya dan bagi para warga binaan pemasyarakatan pada khususnya.

 

"Pemberian remisi seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan tetapi lebih dari itu remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukkan perubahan memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri, dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri serta menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional."

 

"Melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh warga binaan pemasyarakatan agar selalu patuh dan taat pada hukum norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab baik kepada Tuhan maha pencipta maupun kepada sesama manusia," ujar Menteri.

 

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenkumham provinsi Jambi, Agus Nugroho Yusuf mengatakan, remisi adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada warga binaan pemasyarakatan yang telah berbuat baik dan berkelakuan baik, sesuai syarat perundang-undangan.

 

"Setiap tahun pada umumnya warga binaan pemasyarakatan akan memperoleh dua macam remisi, yakni remisi umum dan khusus," jelas Agus dalam sambutannya.

 

Kepada wartawan usai acara Fachrori mengharapkan agar warga binaan Lapas dan Rutan dapat memanfaatkan remisi dengan baik.

 

"Sehingga nantinya setelah bebas dapat melakukan yang positif.

 

"Kepada orang tua juga diharapkan bisa mendidik anak dengan baik," ujar Fachrori. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
20 September 2019 - 10:20
sinarjambi.com - Wakil Bupati (Wabup) Merangin H Mashuri pada Kamis malam (19/9), membuka Musabaqoh Tilawatil Quran ...
Post by Redaksi
19 September 2019 - 19:17
sinarjambi.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 September 2019 memutuskan untuk menurunkan BI ...
Post by Redaksi
16 September 2019 - 16:03
sinarjambi.com - Muhammad Hafiz,SH beserta sejumlah Kader PAN dan rombongan,mendatangi Kantor DPC PDI Perjuangan ...
Post by Redaksi
17 September 2019 - 13:49
sinarjambi.com - Ubedilah Als Ruben Bin Winarno selaku salah satu anggota tersangka KKB SMB yang ditangkap Polda Jambi ...
Post by Redaksi
17 September 2019 - 20:12
sinarjambi.com - Diiringi harapan Cabor Panahan Jambi bisa kembali mendulang emas di PON XXII/2020 Papua, Ketua KONI ...
Post by Redaksi
20 September 2019 - 09:42
sinarjambi.com - Patroli yang dilaksanakan oleh Pos Mataain Kompi Tempur I Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ dibawah ...