JoomlaLock.com All4Share.net
Pekan ASI Se Dunia, Maulana Paparkan Kebijakan Pemkot Jambi untuk Tingkatkan SDM
Maulana didampingi Nadiyah menerima plakat dari dr Mustarim Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Wakil Walikota Jambi Maulana membuka talk show dalam rangka pekan menyusui se-dunia sekaligus tasyakuran kota Jambi sebagai Kota Layak Anak (KLA) tingkat Madya 2019. Acara dilaksanakan Pemkot Jambi dengan menggandeng Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) cabang Jambi, di Griya Mayang Mangurai rumah dinas Walikota Jambi, Rabu (7/8/2019) pagi.

 

Tampak hadir ketua GOW Kota Jambi, Nadiyah bersama praktisi kesehatan dan ratusan ibu-ibu yang memenuhi ruangan.

 

Maulana sangat mengapresiasi IDAI yang melaksanakan kegiatan ini. Menurutnya, pemkot Jambi sangat peduli dengan peningkatan kualitas kesehatan warga kota Jambi. Bukti nyata tersebut, kata Maulana, ditunjukkan dengan banyaknya kebijakan pro kesehatan masyarakat.

 

"Ada beberapa kebijakan yang penting. Pemerintah kota melakukan saat ini yang mungkin bagi masyarakat umum karena sebuah perubahan, itu pasti ada tantangannya. Salah satu kebijakan yang penting misalnya kami pemerintah kota Jambi mengeluarkan peraturan Walikota tentang pembatasan penggunaan kantong plastik, di mulai dari 1 Januari yang lalu di semua swalayan dan supermarket," jelas Maulana.

 

Kebijakan ini tambah Maulana, karena efek buruk yang ditimbulkan plastik bagi kesehatan. Dirinya pun merunut imbas dampak dari plastik. 

 

"Kalau dibuang di aliran air maka akan mendapat jadilah banjir di mana-mana. Kalau plastik lepas ke sungai dan laut,  menjadi mikro plastik yang akan dimakan ikan. Dan ikan ditangkap para nelayan, kemudian akan dikonsumsi masyarakat."

 

"Penelitian Harvard University, ikan yang sudah makan mikro plastik jika dimakan oleh seorang mengakibatkan kanker. Jika dimakan oleh ibu hamil maka bayinya akan terjadi stunting alias pendek," papar Maulana rinci.

 

Selain kebijakan terkait plastik, Pemkot Jambi juga kata Maulana, telah membatasi efek asap rokok, dengan menetapkan kawasan bebas asap rokok.

 

Asap rokok jelas Maulana, juga berperan sangat tinggi dalam mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan menyusui. Karena asap rokok jika terpapar ibu-ibu hamil akan berdampak kepada anak dalam kandungannya.

 

"Kebijakan ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas, demi peningkatan kesehatan keluarga kota Jambi. Semua kebijakan ini tentu ada pro kontra. Pada prinsipnya kita bagaimana mendukung program-program pro masyarakat untuk generasi yang akan datang lebih berkualitas," jelas Maulana.

 

Keseriusan terkait ASI ini ditunjukkan langsung Maulana, 3 usai dirinya dilantik. Saat itu kata Maulana, dirinya mengumpulkan semua OPD untuk melihat contoh pojok menyusui di dinas PTSP kota Jambi.

 

"Seluruh kantor dinas terutama layanan publik, saya wajibkan di kantornya punya pondok menyusui. Saaya bersama pak Wali Kota sangat serus terkait ASI kepada anak-anak demi meningkatkan sumber kualitas SDM," pungkas Maulana di hadapan undangan.

 

Kepada wartawan, Maulana menyampaikan jika pekan ASI sedunia dimulai dari tanggal 1 sampai 7 Agustus, dan hari ini merupakan puncak acara.

 

"Disini Kita mengumpulkan semua organisasi wanita, semua OPD yang berkaitan dengan suksesnya pemberian ASI. Kami sangat berterima kasih kepada IDAI cabang Jambi yang menginisiasi acara ini."

 

"Pemerintah sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menyukseskan pemberian ASI, karena pada nanti adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dan ini sesuai dengan misi kelima Kami bersama bapak Walikota," pungkas Maulana.

 

Sebelumnya, ketua panitia Dr Mustarim mengatakan, kegiatan ini tidak lepas dari dukungan Wakil Walikota beserta ibu wakil Walikota.

 

"Disini Kami hanya mengingatkan bersama, secara global tentang ASI se-dunia dengan tema nasional yakni dukungan ayah dan ibu kunci keberhasilan menyusui. Jadi semuanya harus mendukung, terutama dari ayah dan ibu dengan slogan ayo dukung ibu menyusui."

 

"Mudah-mudahan, segala rangkaian acara nanti yang akan disampaikan oleh beberapa pakar yang akan menyampaikan tentang ASI terkait manfaatnya dan sebagainya, dapat kita simak dan dapat kita petik ilmunya. Dan pada kesempatan ini kami meminta juga keanote speaker dari bapak Wakil Walikota yang Saya rasa beliau sangat banyak tahu tentang manfaat ASI," tutup Mustarim dalam sambutannya.

 

Lebih jauh Mustarim menyampaikan rasa bangganya dengan kebijakan pemkot Jambi dalam upaya peningkatan kualitas SDM.

 

"Diadakannya acara ini supaya keberhasilan menyusui ini didukung oleh semua pihak. Kita sangat bangga sekali, sangat senang karena ternyata kebijakan-kebijakan pemerintah kota Jambi sangat pro pada kesehatan, terutama untuk kesehatan anak dalam hal ini spesifik menyusui, dengan adanya kawasan bebas rokok dan sebagainya," pungkas Mustarim kepada wartawan usai pembukaan yang dilakukan Maulana.

 

Selanjutnya, acara talk show dipandu oleh dr Fadil Ruliyan dan menampilkan narasumber yakni Dr Nadiyah, Dr Retno Kusumastuti dan dr Emalia Damayanti. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 16:20
sinarjambi.com - Pemerintah Kabupaten Batang Hari menggelar Sholat Istisqo' di Halaman Kantor Bupati Batang hari, ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 06:37
sinarjambi.com - Pemerintah mewajibkan insinyur harus memiliki sertifikasi dan registrasi sebagaimana tertuang dalam UU ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 15:11
sinarjambi.com - Beberapa jam setelah diambil sumpah dan janji sebagai anggota DPRD kota Jambi, Kemas Faried Alfarelly ...
Post by Redaksi
22 Agustus 2019 - 15:23
sinarjambi.com - Firdaus alias Sipir (30) terkena peluru nyasar saat Kanit Reskrim Polsek Keritang Riau menangkap ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 10:24
sinarjambi.com - Babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 sudah tuntas digelar. Dari sembilan wakil Indonesia ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 14:26
sinarjambi.com - Presiden Joko Widodo masih akan menunggangi mobil asal Jerman sebagai kendaraan dinasnya. Dalam laman ...