JoomlaLock.com All4Share.net
Multaqo Para Ulama, Tokoh Masyarakat dan Akademisi Jambi Keluarkan 8 Maklumat
Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Pertemuan (Multaqo) para ulama, tokoh masyarakat dan akademisi di Jambi, Selasa (14/5/2019) sore mengeluarkan 8 poin maklumat. Acara yang diselenggerakan Majelia Ulama Indonesia (MUI) provinsi Jambi, berlangsung di hotel BW Luxury, Thehok.

 

Berikut 8 poin maklumat yang ditandatangani secara bersama para ulama, Habaib, pimpinan pondok pesantren, cendekiawan muslim, akademisi, lembaga adat dan tokoh masyarakat Jambi Provinsi Jambi :

 

1. Umat Islam agar memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan ini untuk mencapai ketakwaan yang sempurna kepada Allah SWT dan senantiasa berdoa untuk bangsa dan negara agar tetap kondusif, tentram, aman dan damai.

 

2. Mempererat silaturahmi antar sesama anak bangsa, memperkokoh ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah Basyariah, menjauhi saling fitnah, pertengkaran, perpecahan dan tindakan tercela lainnya serta terus saling memaafkan satu sama lain.

 

3. Terus meneguhkan komitmen kesetiaan kepada Pancasila Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena itu semua sudah sejalan dengan ajaran Islam yang kita anut.

 

4. Jaga keamanan, perdamaian dan situasi yang kondusif dengan mengedepankan persamaan sebagai umat manusia yang saling bersaudara satu sama lain, ukhuwah insaniah dan tidak mempertajam perbedaan yang bersifat kontraproduktif.

 

5. Mentaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai hubungan yang konstruktif dan penuh rasa hormat kepada pemerintahan yang adil, dalam kurung ulil amri, karena hal ini sangat jelas diajarkan di dalam Islam yang kita anut.

 

6. Menghindari segala bentuk provokasi, kekerasan serta tidak terpancing untuk melakukan aksi poeple power yang inkonstitusional, karena tindakan inkonstitusional bertentangan dengan ajaran Islam.

 

7. Fastabiqul Khairat, guna meningkatkan kekuatan ekonomi umat agar turut aktif dalam mengentaskan kemiskinan, mengejar ketertinggalan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

8. Melakukan sosialisasi terhadap hasil multaqo ini pada berbagai forum secara berkelanjutan, agar terciptanya sinergitas antar ulama, Habaib, pimpinan pondok pesantren, cendekiawan muslim, akademisi, lembaga adat dan tokoh masyarakat provinsi Jambi.

 

Usai acara, ketua MUI provinsi Jambi, Hadri Hasan menegaskan komitmen pertemuan untuk menjaga kedamaian dan keamanan dalam kerangka NKRI.

 

"Kegiatan hari ini terutama karena kita laksanakan di dalam bulan Ramadan, dan kita dapat bersilaturahim. Tujuannya sesuai dengan apa yang kita rencanakan dari awal adalah dalam rangka kita menyikapi passca Pilpres 17 April 2019."

 

"Kta berdoa bersama-sama semoga Allah SWT menjauhkan masyarakat Jambi, negeri kita Jambi ini dari berbagai kerusuhan, dari berbagai hal yang dapat menghalangi jalannya pembangunan di provinsi yang kita cintai ini," tegas Hadri Hasan.

 

Tampak hadir ketua NU Aminullah Amid, ketua Muhammadiyah Suhaimi Chan, ketua FKUB Hasbi Umar, ketua Robithoh Alawiyah Habib Helmi bin muhammad Baragbah, ketua forum ponpes Buya Margutin, akademisi Unja Supian Ramli, perwakilan pengurus ICMI, ketua LAM Hasip Kalimuddin Syam, tokoh masyarakat Umar Yusuf dan Ponpes Assidiqi Syaikon Abdurrahman. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 16:20
sinarjambi.com - Pemerintah Kabupaten Batang Hari menggelar Sholat Istisqo' di Halaman Kantor Bupati Batang hari, ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 06:37
sinarjambi.com - Pemerintah mewajibkan insinyur harus memiliki sertifikasi dan registrasi sebagaimana tertuang dalam UU ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 15:11
sinarjambi.com - Beberapa jam setelah diambil sumpah dan janji sebagai anggota DPRD kota Jambi, Kemas Faried Alfarelly ...
Post by Redaksi
22 Agustus 2019 - 15:23
sinarjambi.com - Firdaus alias Sipir (30) terkena peluru nyasar saat Kanit Reskrim Polsek Keritang Riau menangkap ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 10:24
sinarjambi.com - Babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 sudah tuntas digelar. Dari sembilan wakil Indonesia ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 14:26
sinarjambi.com - Presiden Joko Widodo masih akan menunggangi mobil asal Jerman sebagai kendaraan dinasnya. Dalam laman ...