JoomlaLock.com All4Share.net

Additional Info

  • -: HUT ke-100 Damkar
Terkait Kebakaran, Wawako Jambi Tegaskan Batas Daerah Jangan Jadi Pembatas Menolong Sesama
Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan pembangunan, terjadi sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk beserta kompleksitas kegiatannya. Fenomena pertumbuhan perkotaan tersebut, berdampak pada semakin tingginya tingkat kebakaran di perkotaan.

 

Hal tersebut dikatakan Wakil Wali Kota Jambi Maulana, saat membuka skill competition dalam rangkaian HUT ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar), yang diadakan di kantor Damkar kota Jambi, kawasan Simpang Kawat, Jumat (15/3/2019) pagi.

 

Dengan skill competition, kata Maulana, untuk meningkatkan silaturahmi antar anggota damkar kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

 

"Kemudian yang kedua, dapat sharring informasi dan pengalaman di lapangan untuk senantiasa berupaya meningkatkan kualitas SDM, kompetensi dari seluruh anggota."

 

"Karena pemadam kebakaran ini yang pertama, kita harus ditingkatkan kelembagaannya, baik itu dukungan dan sumber  SDM yang kompeten. Ketiga, sarana dan prasarananya. Orangnya baik, pinter tapi alatnya nggak ada juga nggak bisa bertindak secara optimal," tegas Maulana usai acara didampingi Kadis Damkar A Ridwan.

 

Dengan semangat ulang tahun yang ke 100 ini, pemerintah provinsi dan kota secara bersama-sama untuk meningkatkan, menguatkan kelembagaannya, meningkatkan kompetensi SDM-nya dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarananya.

 

"Dan yang paling penting saat ini adalah menggunakan teknologi informasi, dalam hal akses dari masyarakat terhadap pelayanan kita yang ada di seluruh wilayah. Dan juga bagaimana pemadam kebakaran dan penyelamatan sebagai tugas kemanusiaan itu, tidak mengenal batas wilayah."

 

"Ini harus didasari oleh payung hukum kerjasama antar kepala daerah yang bertetangga, karena kita tahu bahwa bencana yang terjadi di titik yang lebih dekat dengan kabupaten atau kota yang lain, sementara tupoksinya tentu bedakan, tapi ini tidak boleh," ujar Maulana.

 

Hal di atas, jelas Maulana, jangan menjadi pembatas menolong sesama manusia. Namun dirinya juga menegaskan diperlukannya payung hukum yaitu kerjasama daerah, ini yang bentuk semangat kerjasama kolaborasi antar pemerintah untuk kepentingan masyarakat.

 

"Kita juga menyadari bahwasanya, letak geografis suatu daerah berbeda-beda yang mana tingkat terjadi kebakaran di suatu daerah mungkin ada yang tinggi atau rendah intensitasnya."

 

"Sebagai contoh, di kota Jambi sampai saat ini telah terjadi kebakaran sebanyak 8 kasus. Ini dikarenakan kota Jambi sebagai pusat kegiatan pemerintahan, perdagangan, hiburan, pemukiman, pelayanan, transportasi dan lain sebagainya di provinsi Jambi," ujar Maulana.

 

Sebagai tolak ukur lembaga yang menangani kebakaran maupun bencana lainnya khususnya di kota Jambi, dengan didukung penuh oleh sarana dan prasarana yang terkenal lebih tinggi serta personil pemadam kebakaran dan penyelamatan yang terampil dan terlatih, Maulana  mengharapkan nantinya dapat bertindak proporsional di lapangan dalam tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan serta penanggulangan bencana lainnya.

 

"Sebagaimana moto pemadam kebakaran, pantang pulang sebelum padam walaupun nyawa taruhannya," pungkas Maulana. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

tnipol

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 22:45
sinarjambi.com - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menyediakan ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 20:30
sinarjsmbi.com - Dalam upaya melindungi industri otomotif dalam negeri dan pengguna kendaraan, pemerintah Indonesia ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 09:08
sinarjambi.com - Setiap partai berusaha memenuhi kuota 30 persen calon legislatif (caleg) perempuan, tapi sampai empat ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 17:32
sinarjambi.com - Perampok bidan desa di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya ditangkap. Pelaku atas nama ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 21:24
sinarjambi.com - Pelatih Tim Nasional Indonesia, Indra Sjafri, mengumumkan 24 nama yang diboyong ke Kualifikasi Piala ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 09:45
sinarjambi.com - Kementerian Keuangan memastikan bahwa kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5% mulai ...