JoomlaLock.com All4Share.net
Lagi, Pemkot Jambi Denda Warga yang Buang Sampah Tak Sesuai Aturan
Kadis DLH kota Jambi, Ardi. Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Pemerintah kota (pemkot) Jambi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi kembali menjatuhkan denda kepada masyarakat yang buang sampah tidak sesuai peraturan daerah (Perda).

 

Tak tanggung-tanggung, kali ini ditangkap dua orang warga berinisial SR warga Talang Ubi, Sumsel dan SK warga kecamatan Rimbo Bujang. Sanksi bayar denda sebesar Rp 3 juta harus mereka penuhi. 

 

Kepala DLH kota Jambi Ardi mengatakan, pihaknya hari ini melakukan pemberkasan pembayaran denda tersebut.

 

"Dua orang warga ini tertangkap tangan membuang sampah tidak pada tempatnya dan melanggar jam yang telah ditetapkan oleh aturan. Oleh karena itu, setelah pemberkasan, kepada oknum ini disangsi denda sebesar 3 juta dibayarkan pada kas daerah," ujar Ardi di kantornya, Selasa (12/2/2019) pagi.

 

Ardi menjelaskan, besaran denda karena sampah yang dibuang hanya sebanyak 0,25 kubik. Nilai denda tambah Ardi, bersadarkan panduan yang ditetapkan oleh kepala DLH.

 

Ardi mengingatkan, agar masyarakat mematuhi aturan buang sampah. 

 

"Kita ingatkan kepada masyarakat yang lain, untuk hati-hati. Bahwa pemkot Jambi tidak main-main di dalam penegakkan aturan Perda no 8 tahun 2013," tegasnya.  

 

Kedua oknum warga ini ditangkap, Sabtu (8/2/2019) di kawasan jalan orang Kayo Pingai, Talang Banjar, di depan pasar Talang Banjar. 

 

"Kejadiannya itu sekira jam 09.14 pagi dan kebetulan ini Saya sendiri yang menangkap tangan oknum ini membuang sampah tidak pada tempatnya," jelas Ardi. 

 

Dirinya juga mempersilahkan jika kedepannya ada warga yang keberatan disangsi denda. Jika warga menolak, pihak DLH akan mengajukan gugatan ke pengadilan. 

 

"(Jika menolak) Nanti Kita akan mengajukannya ke Pengadilan, untuk menetapkan berapa besaran sangsi yang ditetapkan. Ini dilakukan untuk asas keadilan bagi warga," pungkas Ardi.

 

Ini merupakan kali kedua pemkot menjatuhkan sangsi tegas ke warga. Sebelumnya, tanggal 9 Januari 2019, seorang warga didenda Rp 20 juta melalui vonis Pengadilan Negeri Jambi. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 12:08
sinarjambi.com - Dibanding tahun 2018, alat dan mesin pertanian (alsintan) menurun dari alokasi APBN kepada ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 07:29
sinarjambi.com - Lewat GOJEK Wirausaha, pelaku UMKM bisa mendapatkan pengetahuan tentang perencanaan bisnis hingga ...
Post by Redaksi
15 FebruarI 2019 - 09:37
sinarjambi.com - KPU mengatakan tidak dapat memaksa caleg yang tidak ingin membuka profil pribadi. Namun KPU menyebut ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 11:17
sinarjambi.com - Aksi bejat dilakukan SMJ (42) warga Penyengat Rendah, Kecamatan Telanai Pura kepada LSP (18)  ...
Post by Redaksi
14 FebruarI 2019 - 12:39
sinarjambi.com - Timnas Indonesia U-22 menyadari krusialnya laga pertama di Piala AFF U-22 2019. Pelatih Indra Sjafri ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 13:34
sinarjambi.com - Penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR 2019 dan Gaji ke-13 untuk PNS atau ASN ...