JoomlaLock.com All4Share.net
Lagi, Pemkot Jambi Denda Warga yang Buang Sampah Tak Sesuai Aturan
Kadis DLH kota Jambi, Ardi. Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Pemerintah kota (pemkot) Jambi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi kembali menjatuhkan denda kepada masyarakat yang buang sampah tidak sesuai peraturan daerah (Perda).

 

Tak tanggung-tanggung, kali ini ditangkap dua orang warga berinisial SR warga Talang Ubi, Sumsel dan SK warga kecamatan Rimbo Bujang. Sanksi bayar denda sebesar Rp 3 juta harus mereka penuhi. 

 

Kepala DLH kota Jambi Ardi mengatakan, pihaknya hari ini melakukan pemberkasan pembayaran denda tersebut.

 

"Dua orang warga ini tertangkap tangan membuang sampah tidak pada tempatnya dan melanggar jam yang telah ditetapkan oleh aturan. Oleh karena itu, setelah pemberkasan, kepada oknum ini disangsi denda sebesar 3 juta dibayarkan pada kas daerah," ujar Ardi di kantornya, Selasa (12/2/2019) pagi.

 

Ardi menjelaskan, besaran denda karena sampah yang dibuang hanya sebanyak 0,25 kubik. Nilai denda tambah Ardi, bersadarkan panduan yang ditetapkan oleh kepala DLH.

 

Ardi mengingatkan, agar masyarakat mematuhi aturan buang sampah. 

 

"Kita ingatkan kepada masyarakat yang lain, untuk hati-hati. Bahwa pemkot Jambi tidak main-main di dalam penegakkan aturan Perda no 8 tahun 2013," tegasnya.  

 

Kedua oknum warga ini ditangkap, Sabtu (8/2/2019) di kawasan jalan orang Kayo Pingai, Talang Banjar, di depan pasar Talang Banjar. 

 

"Kejadiannya itu sekira jam 09.14 pagi dan kebetulan ini Saya sendiri yang menangkap tangan oknum ini membuang sampah tidak pada tempatnya," jelas Ardi. 

 

Dirinya juga mempersilahkan jika kedepannya ada warga yang keberatan disangsi denda. Jika warga menolak, pihak DLH akan mengajukan gugatan ke pengadilan. 

 

"(Jika menolak) Nanti Kita akan mengajukannya ke Pengadilan, untuk menetapkan berapa besaran sangsi yang ditetapkan. Ini dilakukan untuk asas keadilan bagi warga," pungkas Ardi.

 

Ini merupakan kali kedua pemkot menjatuhkan sangsi tegas ke warga. Sebelumnya, tanggal 9 Januari 2019, seorang warga didenda Rp 20 juta melalui vonis Pengadilan Negeri Jambi. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 22:39
sinarjambi.com - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum meninjau dan turut serta melakukan pemadaman kebakaran ...
Post by Redaksi
24 Agustus 2019 - 08:11
sinarjambi.com - Perusahaan asuransi asal China, Ping An menawarkan bantuan ke BPJS Kesehatan menghadapi masalah ...
Post by Redaksi
24 Agustus 2019 - 09:18
sinarjambi.com - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai pin emas untuk anggota dewan tidak ...
Post by Redaksi
24 Agustus 2019 - 10:54
sinarjambi.com - Pelaku pencurian senjata api dinas milik Kanit Reskrim Polsek Pauh, tewas ditembak polisi. Baku tembak ...
Post by Redaksi
24 Agustus 2019 - 08:39
sinarjambi.com - Pelatih Tim nasional Indonesia U-23, Indra Sajfri, percaya diri mematok target medali emas di SEA ...
Post by Redaksi
24 Agustus 2019 - 07:23
sinarjambi.com - Dari 20 calon pimpinan (capim) KPK, ada 4 perwira tinggi (pati) Polri dan 3 jaksa yang masih bertahan. ...