JoomlaLock.com All4Share.net
Bumi Serentak Bak Regam Bakal Adakan Pemilihan BPD

sinarjambi.com - Kabupaten Batanghari tetapkan 19 desa, pemilihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dengan sistem elektronik voting.

 

“Sistem pemilihan BPD tersebut berdasarkan hasil dari musyawarah desa, dan 19 desa tersebut menetapkan melakukan pemilihan secara langsung dengan sistim elektronik voting,” kata pelaksana tugas kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Takdirman di Muarabulian, (6/2/2019).

 

Pemilihan BPD di daerah itu dilakukan dalam dua cara. Pertama dilakukan secara langsung oleh masyarakat dengan sistim elektronik voting dan yang kedua dilakukan dengan cara musyawarah keterwakilan yang diwakilkan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat desa setempat.

 

Ada 83 desa yang akan melakukan pemilihan anggota BPD didaerah itu. Dari 83 desa tersebut,19 desa menetapkan akan lakukan pemilihan BPD dengan sistim e-voting, 36 desa akan lakukan pemilihan dengan sistim musyawarah perwakilan dan ada 30 desa yang belum menetapkan sistim pemilihan karena belum melakukan musyawarah desa.

 

“Yang belum menetapkan sistim pemilihan itu desa yang berada di Kecamatan Muarabulian dan Kecamatan Maro Sebo Ulu,” kata Takdirman.

 

Pemilihan anggota BPD dengan sistim e-voting tersebut akan dilakukan secera serentak bergelombang. Hal tersebut karena keterbatasan peralatan e voting. Dinas PMD daerah itu hanya memiliki 22 alat e voting, sementara dalam pelaksanaannya satu desa membutuhkan empat alat e voting.

 

 

Pemilihan anggota BPD tersebut tambah Takdirman, akan dimulai pada bulan maret mendatang. Jadwal pemilihan anggota BPD setiap desa berbeda, diseuakan dengan berkahirnya masa jabatan anggota BPD di setiap desa. Pemilihan tersebut dilakukan minimal satu bulan sebelum masa jabatan anggota BPD sebelumnya berakhir.

 

Ke 19 desa yang akan melakukan pemilihan anggota BPD dengan sistim e voting tersebut diantaranya Desa Petajen, Sungkai, Batin, Terusan, Danau Embat, Kehidupan Baru, Bukit Sari, Bulian Jaya, Benteng Rendah, Pematang Gadung, Teluk Melintang, Bukit Kemuning, Belanti Jaya, Tapah Sari, Kembang Tanjung, Mersam, Rantau Gedang dan Desa Sengkati Gedang.

 

“Sementara desa-desa di Kecamatan Muara Tembesi dan Kecamatan Pemayung seluruhnya memilih melakukan pemilihan anggota BPD dengan sistim musyawarah perwakilan,” pungkas Takdirman. (Afr/Lan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 12:08
sinarjambi.com - Dibanding tahun 2018, alat dan mesin pertanian (alsintan) menurun dari alokasi APBN kepada ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 07:29
sinarjambi.com - Lewat GOJEK Wirausaha, pelaku UMKM bisa mendapatkan pengetahuan tentang perencanaan bisnis hingga ...
Post by Redaksi
15 FebruarI 2019 - 09:37
sinarjambi.com - KPU mengatakan tidak dapat memaksa caleg yang tidak ingin membuka profil pribadi. Namun KPU menyebut ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 11:17
sinarjambi.com - Aksi bejat dilakukan SMJ (42) warga Penyengat Rendah, Kecamatan Telanai Pura kepada LSP (18)  ...
Post by Redaksi
14 FebruarI 2019 - 12:39
sinarjambi.com - Timnas Indonesia U-22 menyadari krusialnya laga pertama di Piala AFF U-22 2019. Pelatih Indra Sjafri ...
Post by Redaksi
22 FebruarI 2019 - 13:34
sinarjambi.com - Penyusunan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian THR 2019 dan Gaji ke-13 untuk PNS atau ASN ...