JoomlaLock.com All4Share.net
Bumi Serentak Bak Regam Bakal Adakan Pemilihan BPD

sinarjambi.com - Kabupaten Batanghari tetapkan 19 desa, pemilihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dengan sistem elektronik voting.

 

“Sistem pemilihan BPD tersebut berdasarkan hasil dari musyawarah desa, dan 19 desa tersebut menetapkan melakukan pemilihan secara langsung dengan sistim elektronik voting,” kata pelaksana tugas kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Takdirman di Muarabulian, (6/2/2019).

 

Pemilihan BPD di daerah itu dilakukan dalam dua cara. Pertama dilakukan secara langsung oleh masyarakat dengan sistim elektronik voting dan yang kedua dilakukan dengan cara musyawarah keterwakilan yang diwakilkan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat desa setempat.

 

Ada 83 desa yang akan melakukan pemilihan anggota BPD didaerah itu. Dari 83 desa tersebut,19 desa menetapkan akan lakukan pemilihan BPD dengan sistim e-voting, 36 desa akan lakukan pemilihan dengan sistim musyawarah perwakilan dan ada 30 desa yang belum menetapkan sistim pemilihan karena belum melakukan musyawarah desa.

 

“Yang belum menetapkan sistim pemilihan itu desa yang berada di Kecamatan Muarabulian dan Kecamatan Maro Sebo Ulu,” kata Takdirman.

 

Pemilihan anggota BPD dengan sistim e-voting tersebut akan dilakukan secera serentak bergelombang. Hal tersebut karena keterbatasan peralatan e voting. Dinas PMD daerah itu hanya memiliki 22 alat e voting, sementara dalam pelaksanaannya satu desa membutuhkan empat alat e voting.

 

 

Pemilihan anggota BPD tersebut tambah Takdirman, akan dimulai pada bulan maret mendatang. Jadwal pemilihan anggota BPD setiap desa berbeda, diseuakan dengan berkahirnya masa jabatan anggota BPD di setiap desa. Pemilihan tersebut dilakukan minimal satu bulan sebelum masa jabatan anggota BPD sebelumnya berakhir.

 

Ke 19 desa yang akan melakukan pemilihan anggota BPD dengan sistim e voting tersebut diantaranya Desa Petajen, Sungkai, Batin, Terusan, Danau Embat, Kehidupan Baru, Bukit Sari, Bulian Jaya, Benteng Rendah, Pematang Gadung, Teluk Melintang, Bukit Kemuning, Belanti Jaya, Tapah Sari, Kembang Tanjung, Mersam, Rantau Gedang dan Desa Sengkati Gedang.

 

“Sementara desa-desa di Kecamatan Muara Tembesi dan Kecamatan Pemayung seluruhnya memilih melakukan pemilihan anggota BPD dengan sistim musyawarah perwakilan,” pungkas Takdirman. (Afr/Lan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

tnipol

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
24 April 2019 - 17:49
sinarjambi.com - Gebrakan dilakukan oleh humas pemerintah kota (Pemkot) Jambi, dengan program anyar yakni Kota Jambi ...
Post by Redaksi
24 April 2019 - 18:58
sinarjambi.com - Pekerja dan petani sawit Indonesia terancam kebijakan Uni Eropa yang masih melarang penggunaan sawit. ...
Post by Redaksi
24 April 2019 - 15:39
sinarjambi.com - KPK melanjutkan safari hari ketiga di Riau dengan mendatangi Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir. Ada ...
Post by Redaksi
24 April 2019 - 20:17
sinarjambi.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jambi menggelar konferensi pers terkait pengungkapan kasus ...
Post by Redaksi
24 April 2019 - 19:41
sinarjambi.com - Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memutuskan mundur dari Kejuaraan Bulutangkis Asia 2019. Hendra mengaku ...
Post by Redaksi
22 April 2019 - 15:25
sinarjambi.com - Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik 2019 terjadi H-5 Lebaran. Pemudik tahun ini ...