JoomlaLock.com All4Share.net
Warga Dihukum Denda Rp 20 Juta, Yan Ismar : Patuhi Aturan Buang Sampah
Ali Johan Slamet saat di persidangan. Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Menanggapi vonis hakim Rp 20 juta yang dialami Ali Johan Slamet, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Jambi Yan Ismar, meminta semua warga mematuhi aturan terkait pembuangan sampah.

 

Menurutnya, aturan tersebut telah diatur dengan jelas pada Perda no 8 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah. Dirinya berharap, kejadian ini menjadi pembelajaran bagi semua warga kota Jambi.

 

"Patuhi aturan. Karena selama ini, pemkot Jambi melalui RT, Camat, Lurah dan instansi terkait telah sosialisasi," tegasnya saat dihubungi sinarjambi.com, Selasa (8/1/2019) sore.

 

Namun, Yan Ismar mengapresiasi pelaku menerima dengan kesadaran diri.

 

"Saya harap ini adalah kejadian yang terakhir. Intinya, ikuti saja aturan yang sudah berlaku," pungkas Yan Ismar.

 

Ali Johan Slamet warga RT 4 kelurahan Kebun Handil divonis bersalah okeh hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Jambi, Meraelam Purba, (8/1/2019).

 

Dalam amar putusan vonisnya, hakim tunggal Moraelam Purba menyatakan terdakwa secara sah dan terbukti bersalah membuang sampah sesuai Perda no 8 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.

 

Jumlah denda ini jauh lebih ringan dari tuntutan yakni Rp 40 juta. Sebelum vonis, hakim menanyakan kepada terdakwa apakah keberatan dengan denda Rp 40 juta.

 

Dalam persidangan, hakim sempat menanyakan kepada Lurah Kebun Handil Alamsyah Powa, sudah berapa lama papan pengumuman di TPS, sebelum terdakwa membuang sampah.

 

"Sudah tiga minggu dipasang pak hakim. Ukuran spanduknya cukup besar, sekitar 1,5 meter kali 1,5 meter pak hakim," jelas Alamsyah Powa.

 

Usai persidangan, Alamsyah Powa menjelaskan bahwa, terdakwa membuang sampah di TPS diluar jam ketentuan, yakni pukul 12.00 siang.

 

"Sudah ditentukan, buang sampah dari pukul 18.00 sampai 06.00 pagi. Kronologisnya, beliau (terdakwa) buang sampah pukul 12 siang."

 

"Lokasi TPS nya di RT 21 jalan Bangka, kelurahan Kebun Handil. Begitu dapat informasi, Kami langsung ke lokasi. Dan beliau warga Kita di RT 4," ujar Alamsyah Powa.

 

Sementara, sampah yang dibuang terdakwa tambah Alamsyah Powa, adalah pohon kelapa. Ini menurut Alamsyah, melebihi ketentuan volume sampah. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 22:33
sinarjambi.com - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, pendidikan dan pelatihan (Diklat) ...
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 10:43
sinarjambi.com - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir April 2019 terkendali dengan struktur yang sehat. ULN ...
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 07:46
sinarjambi.com - Lima komisioner KPU Palembang ditetapkan menjadi tersangka pidana pemilu karena tak menuruti ...
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 13:29
sinarjambi.com - Ditresnarkoba Polda Jambi memberikan pembekalan kepada Anggota Korem 042/Gapu dan jajaran dalam rangka ...
Post by Redaksi
16 Juni 2019 - 10:32
sinarjambi.com - Kandidat ketua umum PSSI Komjen (Pol) M Iriawan memaparkan komitmennya untuk meningkatkan sepakbola ...
Post by Redaksi
16 Juni 2019 - 11:05
sinarjambi.com - Bagi ahli hisab dan rukyat, Tanjung Kodok yang ada di wilayah Pantura Lamongan sudah tak asing lagi. ...