JoomlaLock.com All4Share.net
Pertama Kali! Pembuang Sampah di Kota Jambi Divonis Bersalah oleh Hakim
Lurah Kebun Handil, Alamsyah Powa saat memberikan penjelasan ke hakim di persidangan. Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Untuk pertama kali, pelaku pembuang sampah di kota Jambi yang tidak sesuai dengan aturan, divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri (PN) Jambi.

 

Warga kelurahan Kebun Handil bernama Ali Johan Slamet yang didakwa membuang sampah, divonis membayar denda sangat tinggi, yakni Rp 20 juta!

 

Dalam amar putusan vonisnya, hakim tunggal Moraelam Purba menyatakan terdakwa secara sah dan terbukti bersalah membuang sampah sesuai Perda no 8 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.

 

Jumlah denda ini jauh lebih ringan dari tuntutan yakni Rp 40 juta. Sebelum vonis, hakim menanyakan kepada terdakwa apakah keberatan dengan denda Rp 40 juta.

 

"Saya minta keringanan (denda) pak hakim," ujar Ali Johan Slamet.

 

Dalam persidangan, hakim sempat menanyakan kepada Lurah Kebun Handil Alamsyah Powa, sudah berapa lama papan pengumuman di TPS, sebelum terdakwa membuang sampah.

 

"Sudah tiga minggu dipasang pak hakim. Ukuran spanduknya cukup besar, sekitar 1,5 meter kali 1,5 meter pak hakim," jelas Alamsyah Powa.

 

Usai persidangan, Selasa (8/1/2019) siang Alamsyah Powa menjelaskan bahwa, terdakwa membuang sampah di TPS diluar jam ketentuan, yakni pukul 12.00 siang.

 

"Sudah ditentukan, buang sampah dari pukul 18.00 sampai 06.00 pagi. Kronologisnya, beliau (terdakwa) buang sampah pukul 12 siang."

 

"Lokasi TPS nya di RT 21 jalan Bangka, kelurahan Kebun Handil. Begitu dapat informasi, Kami langsung ke lokasi. Dan beliau warga Kita di RT 4," ujar Alamsyah Powa.

 

Sementara, sampah yang dibuang terdakwa tambah Alamsyah Powa, adalah pohon kelapa. Ini menurut Alamsyah, melebihi ketentuan volume sampah. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

tnipol

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 22:45
sinarjambi.com - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menyediakan ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 20:30
sinarjsmbi.com - Dalam upaya melindungi industri otomotif dalam negeri dan pengguna kendaraan, pemerintah Indonesia ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 09:08
sinarjambi.com - Setiap partai berusaha memenuhi kuota 30 persen calon legislatif (caleg) perempuan, tapi sampai empat ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 17:32
sinarjambi.com - Perampok bidan desa di Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya ditangkap. Pelaku atas nama ...
Post by Redaksi
18 Maret 2019 - 21:24
sinarjambi.com - Pelatih Tim Nasional Indonesia, Indra Sjafri, mengumumkan 24 nama yang diboyong ke Kualifikasi Piala ...
Post by Redaksi
19 Maret 2019 - 09:45
sinarjambi.com - Kementerian Keuangan memastikan bahwa kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5% mulai ...