JoomlaLock.com All4Share.net
Fachrori : Mari Kita Lestarikan Budaya Melayu Jambi
Rahima Fachrori menyematkan anugerah melayu Jambi kepada pelaku seni Jambi. Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Malam apresiasi seni melayu Jambi di Ratu Convention Center (RCC), Senin (7/1/2019) malam disambut baik Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar. Dalam sambutannya, Fachrori meminta kepada para pemuda untuk mencintai seni melayu Jambi.

 

"Malam apresiasi seni melayu Jambi adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan terhadap generasi muda, untuk mencintai kebudayaannya sendiri."

 

"Pada malam ini Saya sangat bahagia melihat para seniman yang terlibat dalam acara bertemakan Kecil Sakti Gendang Betuah, didominasi oleh generasi muda. Mereka rata-rata masih pelajar dan mahasiswa," ujar Fachrori bangga.

 

Menurut Fachrori, malam apresiasi seni melayu Jambi sebagai bentuk implementasi dari  UU nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan, terutama dalam pelaksanaan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan seni budaya daerah Jambi.

 

"Saya mengajak kepada hadirin semua, untuk melihat kembali bagian peranan para seniman muda Jambi sebagai pewaris kebudayaan melayu Jambi, dalam menggali dan mengembangkan kebudayaan tersebut."

 

"Saya mengajak para pegiat seniman Jambi khususnya generasi muda, untuk senantiasa meningkatkan kualitas kekaryaannya, karena mau tidak mau atau suka tidak suka saat ini kita sedang dihadapkan pada era kompetitif, era persaingan yang semakin ketat. Siapa yang unggul dalam berkarya, Ia lah yang akan berjaya," tegas Fachrori.

 

Kegiatan malam apresiasi melayu Jambi tambah Fachrori, adalah salah satu upaya peningkatan ekonomi kreatif. Peluang ekonomi kreatif harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku seni Jambi, dengan cara meningkatkan kualitas karya seni dan pengembangan kreativitas.

 

Fachrori minta agar seni budaya daerah diarahkan pada pencapaian kualitas yang unggul, yang mampu bersaing di industri ekonomi kreatif.

 

"Sehingga dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat luas, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bermanfaat secara ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi dan bermanfaat secara sosial budaya dapat meninggikan narwah budaya melayu Jambi."

 

"Mari kita lestarikan budaya melayu Jambi. Kita promosikan ke tingkat nasional bahkan mancanegara, melalui kerjasama berbagai event."

 

"Kita harus bangga, bahwa seni budaya Jambi adalah seni budaya leluhur yang memiliki kekhasan melayu Jambi. Saya berharap kegiatan malam apresiasi melayu Jambi dapat dijadikan sebagai ajang promosi bagi kegiatan pariwisata Provinsi Jambi."

 

"Selain sebagai ajang kreativitas sebagai seniman dan budayawan Jambi dalam menggali dan mengembangkan potensi seni budaya daerah Jambi, khusus stakeholder dibidang ekonomi kreatif."

 

"Terutama para pengusaha yang bergerak di bidang entertainment dan bidang jasa pariwisata, untuk turut berpartisipasi dalam mengembangkan dan memanfaatkan kreativitas seni para seniman Jambi," pungkas Fachrori.

 

Sebelumnya, Fachrori bersama istri, Rahima menyerahkan anugerah melayu Jambi, kepada pelaku seni Jambi.

 

Hadir Kapolda Jambi Irjen Muchlis, Danrem 042/Gapu Kol Dany Budiyanto, Kajati Jambi, Wali Kota Jambi Sy Fasha dan undangan lainnya. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
19 Juni 2019 - 10:31
sinarjambi.com - Rumah sakit (RS) bhayangkara Mayang Mangurai Polda Jambi, Rabu (19/6/2019) pagi diresmikan Kapolri ...
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 10:43
sinarjambi.com - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir April 2019 terkendali dengan struktur yang sehat. ULN ...
Post by Redaksi
19 Juni 2019 - 11:34
sinarjambi.com - Maraknya nama-nama yang berseliweran digadang-gadang maju pemilihan Gubernur (Pulgub) Jambi tahun ...
Post by Redaksi
18 Juni 2019 - 13:21
sinarjambi.com - Tiga Narapidana Rutan Kelas II B Sungai Penuh yang melarikan diri 10 Juni 2019 yang lalu, berhasil ...
Post by Redaksi
18 Juni 2019 - 23:33
sinarjambi.com - Pelatih Timnas basket putra, Wahyu Widayat Jati, meminta agar PP Perbasi segera membuat prioritas ...
Post by Redaksi
18 Juni 2019 - 08:32
sinarjambi.com - Sebagian lokasi di Pekanbaru, Riau, dilanda banjir setelah hujan deras. Seorang ibu rumah tangga (IRT) ...