JoomlaLock.com All4Share.net

paninS

Perkuat Kemanunggalan TNI-Rakyat, Satgas Pamtas Yonif Raider 142 KJ Bersama Masyarakat Besihkan Saluran Irigasi Delomil

sinarjambi.com - Dalam rangka memperkokoh kemnunggalan TNI-rakyat di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama masyarakat melakukan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Delomil Desa Lamaksenunu Kecamatan Lakmanen Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Terlihat personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ bersama warga membawa peralatan kerja, untuk melaksanakan kegiatan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Delomil secara bergotong-royong, guna memperlancar aliran air menuju sawah milik masyarakat.

Yang mana selama ini aliran air menuju saluran irigasi sedikit terkendala akibat tertimbun lumpur tanah dan sendimen bebatuan yang disebabkan oleh terbawa derasnya air hujan yang terjadi secara terus-menerus di daerah tersebut.

Selain melaksanakan tugas dan kewajiban dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-RDTL,

sesuai dengan Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ melaksanakan tugas lain berupa Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) yang dilaksanakan melalui koordinasi dan kerjasama bersama Satuan Komando Kewilayahan dan Instansi terkait di daerah penugasan, sehingga dapat mendukung tugas utama dalam mengamankan wilayah perbatasan secara maksimal.

Sehingga Pos Delomil berinisiatif untuk melaksanakan tugas Binter Satnonkowil melalui kegiatan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Delomil bersama masyarakat setempat.

"Kegitan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi tersebut dipimpin oleh Kopda Agus Rubianto bersama 5 orang personel Pos Delomil lainnya," tegas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Karya Bakti yang telah dilaksanakan oleh personelnya yang berada di Pos Delomil bersama masyarakat, Dansatgas meminta agar personel Pos Delomil tetap semangat dan menjaga moril mereka untuk menunjukan dedikasi terbaik di wilayah perbatasan.

"Dengan lancarnya air yang mengalir di saluran irigasi, diharapkan dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari, serta dapat mengairi areal persawahan secara maksimal," papar Dansatgas.

"Karya Bakti yang dilakukan bersama masyarakat tersebut merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap kondisi sosial masyarakat yang ada di sekelilingnya, sehingga kebutuhan warga terhadap air dapat terpenuhi secara maksimal, baik untuk kepentingan sehari-hari maupun untuk mengairi areal persawahan milik warga," terang Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

"Saya selalu berharap agar keberadaan personel kami di tengah-tengah masyarakat perbatasan dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi warga yang ada di sekitar pos mereka," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (7/2/2020).

Sementara itu, Bapak Pitrus Alo (38) salah seorang warga Dusun Delomil mengatakan bahwa saluran irigasi harus dibersihkan secara berkala agar air dapat mengalir dengan lancar menuju areal persawahan, dan selama ini aliran air sering tersumbat akibat tertimbun material batu dan pasir yang terbawa banjir.

"Saya mewakili warga Dusun Delomil mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI, khususnya dari Pos Delomil yang telah mengerakkan warga untuk melaksanakan kegiatan Karya Bakti ini, karena melalui gotong-royong maka pekerjaan yang berat akan terasa lebih ringan," ucap Bapak Pitrus Alo.

Ditempat yang sama, Pratu Agus Rubianto merupakan salah seorang personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang mengikuti kegiatan Karya Bakti tersebut menyampaikan tanggapannya tentang pembersihan saluran irigasi di Dusun Delomil bersama masyarakat.

"Terselenggaranya kegiatan Karya Bakti ini berkat kesadaran dan kepedulian kita akan pentingnya air bagi kehidupan, sarana irigasi ini sangat berguna bagi kehidupan warga di sini khususnya para petani kita," tutur Pratu Agus Rubianto.

Terpisah, Letda Inf Ruri Febri selaku Danpos Delomil menyampaikan tanggapannya atas kegiatan Karya Bakti pembersihan saluran irigasi yang telah dilaksanakan oleh personelnya bersama masyarakat Dusun Delomil.

"TNI selalu siap membantu masyarakat, apabila kami mendapatkan informasi tentang kondisi permasalahan sosial di lingkungan masyarakat, maka Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ akan selalu siap untuk memberikan bantuan," tandas Letda Inf Ruri Febri. (*/Lan)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 09:09
sinarjambi.com - Bocah laki-laki atas nama Fajar (8) yang hanyut saat mandi di sungai Batang Tabir, Merangin, Jumat ...
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 05:49
sinarjambi.com - Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo terpilih ...
Post by Redaksi
28 FebruarI 2020 - 21:10
sinarjambi.com - Kabupaten Batanghari akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Masing-Masing Calon ...
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 06:40
sinarjambi.com - Lina alias Heyni ditangkap polisi karena membunuh suaminya sendiri bernama Halidi secara sadis. Lina ...
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 07:54
sinarjambi.com - Pelatih ganda campuran Richard Mainaky mengungkap alasan dibalik mundurnya Tontowi Ahmad dari Pelatnas ...
Post by Redaksi
29 FebruarI 2020 - 11:14
sinarjambi.com - Untuk menghadapi tantangan era informasi saat ini, Satuan penerangan dapat melaksanakan sosialisasi ...