JoomlaLock.com All4Share.net
2 Pelaku Pembakaran Lahan Diamankan Polres Tanjabbar

sinarjambi.com - A (48) warga Kelurahan Senyerang dan S (50) warga Desa Margo Rukun, Kecamatan Senyerang Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi ini tidak berkutik lagi, setelah tertangkap tangan lantaran diduga sebagai pelaku pembakaran lahan.

 

Keduanya diamankan jajaran Kepolisian Polres Tanjung Jabung Barat, Sektor Pengabuan, setelah petugas melakukan patroli rutin dan adanya laporan dari masyarakat.

 

Ini diakui Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP ADG Sinaga, bahwa pelaku A diamankan petugas pada awal Agustus lalu saat membakar lahan di kawasan Parit Lapis Jumakum Ujung, Kelurahan Senyerang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjab Barat.

 

“Pelaku A ini diamankan ketika Personil Polsek Pengabuan melaksanakan Patroli Pencegahan Karhutla. Saat sedang melakukan Patroli," ujarnya saat dihubungi, Minggu (11/8/2019).

 

Menurutnya, saat itu petugas menemukan pelaku sedang membakar tanggul kayu kempas menggunakan kayu dan belukar tebasan yang sudah kering.

 

Namun, bara api masih menyala, karena ditiup angin yang cukup kencang, api kembali menyala dan membesar sehingga membakar lahan tersebut hingga seluas 1 hektar.

 

"Modus pelaku sengaja membakar tunggul kayu tersebut untuk membuka lahan, karena apabila dibersihkan dengan menggunakan kapak, tunggul kayu tersebut tidak bisa dibersihkan," ungkap Kapolres.

 

Selanjutnya, kata Kapolres, pelaku membakar tunggul kayu tersebut agar mudah dibersihkan. "Apabila lahan sudah bersih karena dibakar, rencananya pelaku akan menanaminya dengan sayur-sayuran,” ujarnya.

 

Tidak berbeda dengan A, pelaku lainnya, yakni S diamankan personel Polsek Pengabuan saat melaksanakan Patroli Pencegahan Karhutla di Parit Kapal Desa Margo Rukun, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjab Barat.

 

“Saat itu, petugas yang sedang melakukan patroli melihat ada asap dari kejauhan, kemudian petugas langsung mendatangi lokasi tersebut dan ditemukan pelaku sedang membakar lahan dengan cara menebangi pohon jagung yang sudah kering dengan menggunakan parang," ucap Kapolres. (*/Lan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 16:20
sinarjambi.com - Pemerintah Kabupaten Batang Hari menggelar Sholat Istisqo' di Halaman Kantor Bupati Batang hari, ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 06:37
sinarjambi.com - Pemerintah mewajibkan insinyur harus memiliki sertifikasi dan registrasi sebagaimana tertuang dalam UU ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 15:11
sinarjambi.com - Beberapa jam setelah diambil sumpah dan janji sebagai anggota DPRD kota Jambi, Kemas Faried Alfarelly ...
Post by Redaksi
22 Agustus 2019 - 15:23
sinarjambi.com - Firdaus alias Sipir (30) terkena peluru nyasar saat Kanit Reskrim Polsek Keritang Riau menangkap ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 10:24
sinarjambi.com - Babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 sudah tuntas digelar. Dari sembilan wakil Indonesia ...
Post by Redaksi
23 Agustus 2019 - 14:26
sinarjambi.com - Presiden Joko Widodo masih akan menunggangi mobil asal Jerman sebagai kendaraan dinasnya. Dalam laman ...