JoomlaLock.com All4Share.net
KPK Dalami Dugaan Suap Proyek Air Minum dari Hasil Pemeriksaan BPK

sinarjambi.com - KPK hari ini memeriksa auditor BPK Janu Hasnowo serta Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba terkait kasus suap proyek sistem penyediaan air minum di Kementerian PUPR. KPK mendalami hasil pemeriksaan BPK terkait proyek tersebut.

 

"Dari unsur auditor BPK, kami dalami tadi bagaimana proses dan hasil pemeriksaan BPK yang pernah dilakukan untuk penyediaan air minum ini," kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019).

 

Janu diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ARE (Anggiat Partunggul Nahot Simaremare). Selain Janu saksi lain yang juga diperiksa yakni Dirut PT Raja Muda Ririn Nurfaizah, Direktur PT Bilga Jaya Abadi Bilhan Gamaliel, dan Projects Management PT Exa Data Internasional Widio Prakoso.

 

"Kita tahu dalam kasus yang ditangani KPK saat ini kami menemukan dugaan aliran dana atau suap secara massal di Kementerian PUPR terkait dengan proyek air minum tersebut," ujar Febri.

 

Dalam kasus lain, KPK memanggil Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian ESDM, Sri Raharjo, terkait kasus dugaan suap pada mantan anggota DPR Eni Maulani Saragih. Sri Raharjo diperiksa sebagai saksi untuk SMT (Samin Tan).

 

Dalam pemeriksaan itu KPK meminta pendapat pihak Kementerian ESDM terkait proses hukum yang pernah berlangsung di PTUN.

 

"Kami mendalami lebih lanjut bagaimana proses dan bagaimana pendapat dari pihak internal Kementerian ESDM terkait dengan proses hukum di PTUN beberapa waktu yang lalu yang diajukan oleh SMT melalui PT AKT terkait dengan terminasi kontrak di sana," ucapnya.

 

Dari catatan KPK, Samin merupakan pemilik PT Borneo Lumbung Energi & Metal. Dia ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga memberi suap senilai Rp 5 miliar kepada Eni Saragih.

 

Suap itu, menurut KPK, diduga diberikan agar Eni membantu anak perusahaan Samin, yaitu PT AKT (Asmin Koalindo Tuhup) yang sedang bermasalah. Permasalahan itu terkait perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) generasi 3 di Kalimantan Tengah antara PT AKT dan Kementerian ESDM. (abw/fay)

 

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
17 Agustus 2019 - 21:20
sinarjambi.com - Satu orang pendaki gunung Kerinci atas nama Anggini Putri Anaki (22) dikabarkan mengalami kelelahan ...
Post by Redaksi
17 Agustus 2019 - 14:15
sinarjambi.com - Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang ...
Post by Redaksi
09 Agustus 2019 - 10:31
sinarjambi.com - Mahkamah Konstitusi (MK) kembali melanjutkan pembacaan putusan sengketa Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 ...
Post by Redaksi
16 Agustus 2019 - 10:41
sinarjambi.com - Kepolisian daerah (Polda) Jambi bertindak cepat dan tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan dan ...
Post by Redaksi
17 Agustus 2019 - 12:52
sinarjambi.com - Tim Pelajar Indonesia U-16 Kemenpora RI berhasil mempertahankan gelar juara Boys U-16 Gothia Cup 2019 ...
Post by Redaksi
17 Agustus 2019 - 09:37
sinarjambi.com - “Sumber Daya Manusia Unggul Indoneia Maju”. Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Irwan mengingatkan ...