JoomlaLock.com All4Share.net

paninx

Dianggap Menyalahi Perda, Puluhan Anggota FPI Geruduk Fellas Cafe yang Berdekatan Masjid Assaadah, Sukorejo
Arizal saat memberikan penjelasan ke awak media. Foto : Rolan/sinarjambi.com

sinarjambi.com - Keberadaan Fellas Cafe yang berdekatan dengan masjid Assaadah, Sukerejo, Thehok dipermasalahkan Front Pembela Islam (FPI) kota Jambi.

 

Puluhan anggota FPI menggeruduk Fellas Cafe, Sabtu (14/12/2019) sekitar pukul 22.30 wib. Kebetulan, Fellas Cafe tengah merayakan HUT ke-1 yang ditandai keberadaan papan bunga ucapan.

 

Salah seorang perwakilan FPI, Arizal bersama beberapa anggota FPI tampak masuk ke dalam cafe.

 

Mereka didampingi Kabag Ops Polresta Kompol Farouk, Kabid Penegakan Perda Sat Pol PP kota Jambi, Said Faizal dan anggota Polsek Jambi Selatan.

 

Tak lama, Afrizal dan pihak lainnya keluar dari cafe. Kepada wartawan Ia menjelaskan jika kedatangan pihaknya ingin mengecek isu peredaran minuman alkohol dan lainnya.

 

"Kebetulan malam ini acara anniversary itu menggelar aksi DJ dan yang kita sikapi dari Front Pembela Islam dan pengurus masjid menggandeng instansi terkait dengan bapak-bapak di kepolisian ini mengecek di sini," ujarnya.

 

"Karena tempat ini sangat dekat dengan rumah ibadah yaitu Masjid, enggak nyampe 50 m. Kalau dalam Perda itu tempat hiburan jaraknya minimal dari tempat ibadah, ibadah agama manapun ya itu seminimal mungkin 300 meter."

 

"Jadi memang kalau secara perda lokasinya sangat tidak pantas dibuat. Kalau restoran pantas, tapi ini di dalamnya masih ada minuman keras walaupun golongan A. Tapi tetap miras."

 

"Jadi kami kesini ngecek jangan sampai nanti DJ, minuman keras yang berdampingan dengan tempat-tempat ibadah. Sangat tidak etis," tegas Arizal.

 

Sebelum menggelar aksi ini, kata Arizal, pihaknya telah beberapa kali melayangkan surat ke Wali Kota, Sat Pol PP dan PTSP.

 

"Sudah cukup, sudah melayangkan surat. Baik dari kami selaku kontrol sosial, dari jemaah masjid juga sudah ada surat kita layangkan ke Kasatpol PP, ke walikota dan PTSP mengenai temuan yang kita lihat kacamata saja lah."

 

"Harapan Kami, tinjau kembali semua tempat hiburan di kota Jambi yang berdekatan dengan rumah-rumah ibadah," tutup Arizal.

 

Di lokasi yang sama, Kabid Penegakan Perda Sat Pol PP kota Jambi, Said Faizal mengatakan akan menindaklanjuti aksi malam ini. Terkait perda yang disoal Arizal, Said Faizal tak menjelaskannya.

 

"Terkait dengan aktivitas malam ini adalah melakukan pengawasan terhadap kegiatan Cafe dan Resto Fellas. Apakah sesuai dengan Perda yang berlaku dan izin yang dimiliki."

 

"Apakah aktivitas yang ada malam ini sesuai dengan perizinan yang ada atau tidak. Salah satu contoh masalah minol (minuman alkohol)."

 

Dijelaskan Said, jika pihak Fellas punya izin minol dari kementerian yakni di bawah 5 persen kandungan alkoholnya. Namun, jika menyalahi izin, pihaknya tak segan-segan menghentikan aktifitas cafe Fellas. 

 

"Terkait masalah (menyalahi Perda karena dekat dengan tempat ibadah), itu nanti mungkin dari teknis terkait membahas masalah itu."

 

"Yang jelas kami selaku penegak Perda apabila dia memiliki perizinan, itu yang kami lihat," jelasnya.

 

Sementara, Kompol Farouk menjelaskan jika FPI telah berkordinasi dengan pihaknya terkait aksi malam ini. "Jadi tentunya kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan FPI, yang telah menjaga situasi tetap kondusif," ujarnya singkat. (Rolan)

 

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
20 JanuarI 2020 - 13:20
sinarjambi.com - Serda Raharja pada hari Senin (20/1/2020) bertempat di Aula Makodim 0420/Sarko melaksanakan Penyuluhan ...
Post by Redaksi
20 JanuarI 2020 - 10:51
sinarjambi.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengeluarkan aturan permodalan untuk perbankan nasional. Aturan ini ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2020 - 11:12
sinarjambi.com - Kerja keras anggota DPRD Kota Jambi Kemas Faried Alfarelly dalam mesosialisasikan usulan pembangunan ...
Post by Redaksi
19 JanuarI 2020 - 20:04
sinarjambi.com - Polisi menyebut saat ini sudah ada total 710 member investasi MeMiles yang telah melapor. Laporan para ...
Post by Redaksi
20 JanuarI 2020 - 08:22
sinarjambi.com - Anthony Sinisuka Ginting gembira akhirnya bisa juara lagi di Daihatsu Indonesia Masters. Semakin ...
Post by Redaksi
20 JanuarI 2020 - 09:29
sinarjambi.com - Jembatan gantung di Desa Manau Sembilan II, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Bengkulu, ...