JoomlaLock.com All4Share.net
Bank Indonesia Resmi Luncurkan QRIS
Bayu Martanto melakukan scan perdana QRIS didampingi Pandu Wirawan (kiri). Foto : Rolan/sinarjambi.com

sinarjambi.com - Bank Indonesia (BI), Sabtu (17/8/2019) pagi secara resmi meluncurkan QRIS UNGGUL yang merupakan Standar QR Code Sistem Pembayaran Indonesia. Peluncuran dilakukan Gubernur BI Perry Warjiyo, di kantor pusat BI, Jakarta.

 

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam sambutan yang dibacakan Bayu Martanto mengatakan, peluncuran QRIS dilakukan Kantor Pusat Bank Indonesia dan 46 Kantor Perwakilan Dalam Negeri di seluruh Indonesia.

 

Di Jambi, peluncuran dilakukan di kantor perwakilan BI provinsi Jambi, jalan Ahmad Yani No 14, Telanai Pura oleh Kepala kantor BI Perwakilan provinsi Jambi, Bayu Martanto.

 

Gubernur Bank Indonesia menegaskan, sejalan dengan tema peringatan HUT Ke74 RI yang menekankan pada pentingnya penguatan kualitas SDM, dalam rangka menghadapi era ekonomi dan keuangan digital 4.0 dibutuhkan SDM Unggul Indonesia.

 

"Era di mana technological disruption telah merevolusi cara kita bertransaksi, berekonomi, bahkan berkehidupan sosial. Transaksi ekonomi menjadi serba seamless dan real-time, layanan keuangan menjadi lebih consumer-centric sehingga mendorong terciptanya berbagai model bisnis baru."

 

"Dan penggunaan teknologi canggih seperti distributed-ledger technology, artificial intelligence dan machine learning, smart contract, serta cloud computing, menuntut kesiapan SDM kita untuk dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari transformasi digital tersebut, dengan tetap menjaga stabilitas ekonomi, sistem keuangan, dan kelancaran sistem pembayaran," ujar Gubernur BI.

 

Gubernur BI menambahkan, sejak Mei 2019, Bank Indonesia telah meluncurkan Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang terdiri atas 5 visi, yakni :

1. Mendukung integrasi ekonomi-keuangan digital nasional;

2. Mendukung digitalisasi perbankan.

3. Menjamin interlink antara Fin-tech dengan perbankan.

4. Menjamin keseimbangan antara inovasi dengan stabilitas.

5. Menjamin kepentingan nasional dalam ekonomi-keuangan digital antar negara.

 

Dalam rangka implementasi visi tersebut, jelas Perry Warjiyo, sebagai langkah awal Bank Indonesia bekerja sama dengan industri untuk mengembangkan sistem pembayaran yang inovatif dan inklusif.

 

"Misalnya, untuk memperluas pembayaran non-tunai yang universal, mudah, aman, efisien dan Iancar, Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah menyusun Standar Nasional QR Code untuk Pembayaran Indonesia, yang kita beri nama QRIS UNGGUL," jelas Perry.

 

Sebelumnya, Bayu Martanto memukul gong tanda resminya peluncuran QRIS di Jambi. Tampak hadir Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Bank Indonesia Provinsi Jambi, Pandu Wirawan.

 

Selain itu, acara juga dihadiri beberapa pimpinan perbankan di Jambi dan pensiunan karyawan BI Jambi. (Rolan)

 

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
20 September 2019 - 08:23
sinarjambi.com - Indonesia menempatkan tiga ganda putra di perempatfinal China Open 2019. Ini setelah Mohammad ...
Post by Redaksi
19 September 2019 - 19:17
sinarjambi.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 September 2019 memutuskan untuk menurunkan BI ...
Post by Redaksi
16 September 2019 - 16:03
sinarjambi.com - Muhammad Hafiz,SH beserta sejumlah Kader PAN dan rombongan,mendatangi Kantor DPC PDI Perjuangan ...
Post by Redaksi
17 September 2019 - 13:49
sinarjambi.com - Ubedilah Als Ruben Bin Winarno selaku salah satu anggota tersangka KKB SMB yang ditangkap Polda Jambi ...
Post by Redaksi
17 September 2019 - 20:12
sinarjambi.com - Diiringi harapan Cabor Panahan Jambi bisa kembali mendulang emas di PON XXII/2020 Papua, Ketua KONI ...
Post by Redaksi
19 September 2019 - 21:31
sinarjambi.com - Komisi IV DPR RI menyoroti foto-foto satelit kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Kalimantan ...