JoomlaLock.com All4Share.net
Tingkat Kesulitan Soal Tes CPNS Tiap Daerah Berbeda

sinarjambi.com - Soal Seleksi Dasar Kompetensi (SKD) dalam penerimaan CPNS berbeda di setiap daerahnya. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengungkapkan, tingkat kesulitan SKD ada tiga, yakni sulit, sedang (tengah-tengah), dan mudah.

 

"Ada 3 tipe memang di SKD. Saya tidak mau bicara zonasi, pokoknya ada yang sulit, yang mudah, yang tengah-tengah," tutur Ridwan di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

 

Ia mengatakan, perbedaan tingkat kesulitan SKD ini telah diterapkan sejak tahun 2013. Tingkatan ini juga berlaku bagi seleksi sekolah kedinasan.

 

 

"Dari tahun 2013 sudah ada, termasuk ada tingkatannya untuk yang S1 hingga SMA/SMK. Yang SMA/SMK ini juga dipakai untuk anak-anak sekolah kedinasan," ujar dia.

 

Untuk pertimbangannya, selain disesuaikan dengan taraf pendidikan, salah satunya juga disesuaikan dengan rata-rata nilai ujian nasional (UN) setiap daerah. Dalam hal ini, BKN menggunakan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

 

"Banyak (pertimbangannya). Misalnya informasi dari Kemendikbud, kan mereka punya range. Misalnya hasil UN secara nasional kan rata-rata Jogja, rata-rata Pekanbaru itu beda. Itu salah satunya jadi basis, ini untuk yang tipe sulit deh, ini untuk yang tipe mudah deh," terangnya. 

(zlf/zlf) 

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
14 November 2019 - 13:28
sinarjambi.com - Pimpinan Daerah Badan Kontak Majelis Taklim (PD BKMT) Kabupaten Merangin pada Kamis (14/11) menggelar ...
Post by Redaksi
14 November 2019 - 06:23
sinarjambi.com - Pertamina melalui anak usahanya Pertamina Hulu Energi (PHE) secara resmi mulai melakukan survei ...
Post by Redaksi
04 November 2019 - 20:22
sinarjambi.com - KPU menegaskan akan menempuh semua pintu agar pelarangan eks koruptor maju di pilkada dapat disahkan ...
Post by Redaksi
11 November 2019 - 16:10
sinarjambi.com - Ditreskrimsus Polda Jambi menggerebek sebuah rumah yang dijadikan sarana penyelundupan Benih Lobster ...
Post by Redaksi
10 November 2019 - 07:21
sinarjambi.com - PSSI mengumumkan akan pisah dengan Simon McMenemy usai laga Malaysia vs Indonesia. Pelatih asal ...
Post by Redaksi
14 November 2019 - 08:30
sinarjambi.com - Personel Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ menganjarkan cara membuat kerajinan ...