JoomlaLock.com All4Share.net
Jokowi Usul Maskapai Asing Masuk RI, Menhub: Harga akan Lebih Fair

sinarjambi.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan agar maskapai asing bisa masuk Indonesia guna menciptakan persaingan pasar yang lebih sehat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa izin perusahaan asing nantinya harus bekerja sama dengan entitas lokal.

 

Menurut Budi, saran Jokowi untuk memasukkan perusahaan maskapai asing bagus. Sebab, dengan bertambahnya pemain maka industri penerbangan bisa bersaing lebih baik.

 

Hal ini sesuai dengan teori ekonomi, supply dan demand. Semakin banyak tersedianya pilihan maka semakin beragam harga yang ditawarkan, termasuk tersedianya harga ekonomis.

 

"Saran presiden untuk maskapai asing, itu saran yang baik karena bukan asingnya, tetapi kompetisinya. Kompetisi itu kalau ada, maka ada keseimbangan baru demand and supply. Harga akan jadi lebih fair. Kalau supply sedikit, demand banyak, harga tinggi," ungkap dia di kediamannya, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bila perusahaan maskapai asing mau masuk maka ada izin yang mesti dipatuhi, yakni bekerja sama dengan perusahaan lokal.

 

"Perusahaan mana pun terkait asing, harus 51%. Ownership (kepemilikan)-nya harus dengan orang lokal. Nggak mesti dengan orang yang punya bisnis penerbangan," jelas dia.

 

Sementara itu, ia juga berencana agar para perusahaan maskapai asing tak hanya membuka penerbangan pada rute 'gemuk' melainkan juga je daerah perintis. Maka dari itu, harga juga akan lebih terjangkau.

 

"Berikutnya juga ada cross subsidi, masuk Indonesia ke rute dalam Jawa tapi harus juga rute ke daerah perintis. Lagi dibahas sekarang," tutup dia. (eds/eds)

 

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
24 Juni 2019 - 13:26
sinarjambi.com - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara, Polda Jambi mengadakan test urine gratis. ...
Post by Redaksi
23 Juni 2019 - 08:29
sinarjambi.com - Makassar New Port (MNP) yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah beroperasi. ...
Post by Redaksi
19 Juni 2019 - 11:34
sinarjambi.com - Maraknya nama-nama yang berseliweran digadang-gadang maju pemilihan Gubernur (Pulgub) Jambi tahun ...
Post by Redaksi
24 Juni 2019 - 09:32
sinarjambi.com - Tim Polres Batang Hari berhasil mengamankan pelaku Pengrusakan dan pencurian Polsek Batin XXIV Polres ...
Post by Redaksi
23 Juni 2019 - 10:32
sinarjambi.com - Timnas Futsal Indonesia U-20 gagal meraih tempat ketiga di Piala Asia Futsal U-20 2019. Menghadapi ...
Post by Redaksi
21 Juni 2019 - 08:47
 Polri menarik Irjen Firli dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Firli ditempatkan kembali di Polri dengan ...