JoomlaLock.com All4Share.net
BI : Neraca Perdagangan Maret 2019 Tercatat Surplus

sinarjambi.com - Neraca perdagangan Indonesia pada Maret 2019 mengalami surplus 0,54 miliar dolar AS, meningkat dari 0,33 miliar dolar AS pada bulan sebelumnya. Peningkatan surplus dipengaruhi oleh kenaikan pada neraca perdagangan nonmigas akibat peningkatan ekspor nonmigas yang lebih besar dibandingkan dengan peningkatan impor nonmigas.

 

Selain itu, defisit neraca perdagangan migas menurun dibandingkan dengan kondisi bulan sebelumnya. Demikian keterangan tertulis Bank Indonesia (BI) dalam laman resminya, seperti dikutip sinarjambi.com, Selasa (16/4/2019) pagi.

 

Surplus neraca perdagangan nonmigas pada Maret 2019 tercatat 0,99 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan surplus pada bulan sebelumnya sebesar 0,80 miliar dolar AS. Kondisi ini dipengaruhi oleh peningkatan ekspor nonmigas sebesar 1,49 miliar dolar AS (mtm), lebih besar dibandingkan dengan peningkatan impor nonmigas sebesar 1,30 miliar dolar AS (mtm).

 

"Peningkatan ekspor nonmigas terutama terjadi pada bahan bakar mineral; besi dan baja; bijih, kerak, dan abu logam; serta kertas/karton. Sementara itu, peningkatan impor nonmigas terutama terjadi pada impor mesin dan peralatan listrik; mesin/pesawat mekanik; besi dan baja; serta serealia," tulis BI.

 

Defisit neraca perdagangan migas pada Maret 2019 tercatat 0,45 miliar dolar AS, menurun dibandingkan dengan defisit pada bulan sebelumnya sebesar 0,47 miliar dolar AS. Penurunan defisit ini dipengaruhi penurunan impor migas sebesar 0,04 miliar dolar AS (mtm), sedangkan ekspor migas hanya menurun 0,02 miliar dolar AS (mtm).

 

Penurunan impor migas terjadi pada komponen hasil minyak dan gas seiring dengan penurunan volume impor hasil minyak dan gas. Sementara itu, penurunan ekspor migas terjadi pada komponen hasil minyak dan minyak mentah seiring dengan penurunan volume ekspor hasil minyak dan minyak mentah serta penurunan harga ekspor hasil minyak.

 

Bank Indonesia memandang peningkatan surplus neraca perdagangan pada Maret 2019 berdampak positif pada upaya memperbaiki kinerja neraca transaksi berjalan.

 

"Ke depan, Bank Indonesia dan Pemerintah akan terus berkoordinasi mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik sehingga tetap dapat memperkuat ketahanan sektor eksternal, termasuk prospek kinerja neraca perdagangan," tutup BI. (*/Lan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 22:33
sinarjambi.com - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, pendidikan dan pelatihan (Diklat) ...
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 10:43
sinarjambi.com - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir April 2019 terkendali dengan struktur yang sehat. ULN ...
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 07:46
sinarjambi.com - Lima komisioner KPU Palembang ditetapkan menjadi tersangka pidana pemilu karena tak menuruti ...
Post by Redaksi
17 Juni 2019 - 13:29
sinarjambi.com - Ditresnarkoba Polda Jambi memberikan pembekalan kepada Anggota Korem 042/Gapu dan jajaran dalam rangka ...
Post by Redaksi
16 Juni 2019 - 10:32
sinarjambi.com - Kandidat ketua umum PSSI Komjen (Pol) M Iriawan memaparkan komitmennya untuk meningkatkan sepakbola ...
Post by Redaksi
16 Juni 2019 - 11:05
sinarjambi.com - Bagi ahli hisab dan rukyat, Tanjung Kodok yang ada di wilayah Pantura Lamongan sudah tak asing lagi. ...