JoomlaLock.com All4Share.net
Mau Bikin Bank Harus Setor Rp 3 T

sinarjambi.com - Bank merupakan institusi yang menghimpun dan mengalirkan keuangan. Permodalan bank pun harus cukup agar bank tidak mengalami kebangkrutan.

 

Untuk itu Bank Indonesia sendiri mengatur permodalan pada bank yang baru didirikan. Pengaturan dilakukan dengan memberikan kewajiban setoran modal awal untuk pendirian sebuah bank.

 

Mengutip, Peraturan Bank Indonesia No. 2 tahun 2000 Tentang Bank Umum pasal 4 dijelaskan bahwa dalam pendirian bank baru harus menyetorkan dana sebesar Rp 3 triliun sebagai modal awal bagi bank.

 

"Modal disetor untuk mendirikan Bank ditetapkan sekurang-kurangnya sebesar Rp 3.000.000.000.000,00 (tiga triliun rupiah)," seperti dikutip pada Minggu (14/4/2019).

 

 

Selain permodalan, pada pasal 3 pun dijelaskan bahwa dalam bank baru yang mau didirikan harus mengantongi beberapa izin. Izin-izin tersebut pun dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

 

Izin pertama adalah persetujuan prinsip, di dalamnya diatur persetujuan untuk melakukan persiapan pendirian Bank. Lalu yang kedua adalah izin usaha atau badan usaha untuk Bank.

 

Dalam peraturan ini juga dijelaskan bahwa bank umum di Indonesia hanya boleh didirikan oleh warga negara Indonesia baik pribadi maupun badan usaha. Tetapi, dalam pengoperasiannya diperbolehkan bermitra dengan pihak asing baik perseorangan maupun badan usaha. (fdl/fdl)

 

Bagikan ke Medsos !
loading...

tnipol

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
21 April 2019 - 09:22
sinarjambi.com - Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Ahmad Haydar, S.H. M.M., menggelar patroli kamtibmas, dengan ...
Post by Redaksi
21 April 2019 - 08:31
sinarjambi.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menetapkan batas bawah harga tiket pesawat menjadi ...
Post by Redaksi
21 April 2019 - 10:37
sinarjambi.com - Bawaslu mencabut izin atau akreditasi satu lembaga pemantau Pemilu 2019. Pencabutan izin ini dilakukan ...
Post by Redaksi
19 April 2019 - 07:37
sinarjambi.com - Polisi menangkap pelaku pembunuhan wanita muda bernama Rosalina Komala Sari di wisma kota Makassar, ...
Post by Redaksi
21 April 2019 - 11:26
sinarjambi.com - Pelatih tunggal putri Rionny Mainaky memberi target juara untuk Gregoria Mariska cs. di Kejuaraan ...
Post by Redaksi
20 April 2019 - 12:32
sinarjambi.com - Dua ruang kelas MTS Nurul Hatta rusak berat akibat tertimpa Tembok Penahan Tebing (TPT) pada Jumat ...