JoomlaLock.com All4Share.net

paninS

Parah! Tingkat Hunian Hotel di Jambi Tinggal 5%, Sampai Rencana Tutup

sinarjambi.com - Dunia perhotelan menjadi salah satu usaha yang terdampak nyata karena imbas virus corona atau covid-19. 

 

Di Jambi, bahkan tingkat hunian kamar alias okupansi hotel terjun bebas ke titik terendah.

 

Parahnya, kondisi ini juga merembet ke karyawan hotel yang terpaksa 'dirumahkan'.

 

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Jambi, Yudi tak membantah dampak luar biasa virus corona ini.

 

"Kalau okupansi sekarang sudah tinggal hampir 3 sampai 5 persen lagi. (Ada yang) tinggal 5 kamar, 10 kamar. Bagaimana lagi, sekarang kegiatan sudah tidak boleh, sudah dibatasi."

 

"Kegiatan-kegiatan pemerintahan juga sudah distop sementara," keluhnya saat dikonfirmasi sinarjambi.com, via telepon selular, Minggu (22/3/2020). 

 

Kondisi diperparah berkurangnya jumlah penumpang pesawat. Jika mengharapkan pasar lokal yakni warga Jambi untuk menginap, kata Yudi juga sangat tipis.

 

Pasalnya, pemprov dan pemkot Jambi sudah menghimbau mengurangi aktifitas di luar rumah. "Jadi mati pasar (bisnis) ini," lirih Yudi.

 

Tak ayal, beberapa hotel dengan terpaksa merumahkan karyawannya dengan status unpaid annual leave alias cuti tak berbayar.

 

Ditegaskan Yudi, kondisi ini bukan keinginan pelaku usaha. Ini tentu ada korelasinya dengan beban yang dipikul para pelaku usaha perhotelan.

 

Bahkan, tambah Yudi, ada satu hotel yang sudah mengajukan penutupan total sementara usahanya.

  

"Untuk awal bulan ini bahkan ada hotel yang akan menutup habis usahanya, seperti hotel Ceria. Awal bulan (April) ini akan menutup habis aktifitas. Baru Ceria yang Saya terima laporannya," jelas Yudi. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
30 Maret 2020 - 21:17
sinarjambi.com - Kondisi pasien pertama yang dinyatakan positif virus corona alias covid-19, diklaim semakin membaik. ...
Post by Redaksi
30 Maret 2020 - 20:23
sinarjambi.com - Bank Indonesia (BI) mengeluarkan Indeks Literasi Ekonomi Syariah pada hari ini (30/3), sebagai salah ...
Post by Redaksi
31 Maret 2020 - 05:22
sinarjambi.com - Komisi II DPR bersama KPU, Bawaslu, DKPP, dan Kemendagri sepakat menunda tahapan Pilkada Serentak 2020 ...
Post by Redaksi
30 Maret 2020 - 20:57
sinarjambi.com - Tim Sultan Polres Tebo, Polda Jambi kembali berhasil menangkap terduga pelaku pembobolan Alfamart di ...
Post by Redaksi
30 Maret 2020 - 10:29
sinarjambi.com - Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) keberatan dengan salah satu keputusan force majeure ...
Post by Redaksi
31 Maret 2020 - 07:28
sinarjambi.com - Pemerintah melarang pegawai negeri sipil (PNS) untuk melakukan perjalanan ke luar daerah, termasuk ...