JoomlaLock.com All4Share.net

paninx

Pertamina EP Edukasi Bahaya Sampah Plastik, Melalui “Siku Sipah”

sinarjambi.com - Dalam rangka mendukung upaya pengurangan sampah plastik yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Jambi, Pertamina EP Jambi Field melalui Rumah Baca Pertamina (Rumbai) yang berlokasi di Kenali Asam Atas berperan serta aktif dalam memberikan edukasi bahaya sampah plastik kepada anak-anak.

 

Edukasi dilakukan melalui program Siku Sipah (Sikok Buku, Sikok Sampah), dimana anak-anak yang ingin membaca atau meminjam buku di Rumbai diwajibkan untuk membawa sampah botol plastik yang kemudian dapat ditukarkan dengan buku. Botol plastik yang telah dikumpulkan dijual kepada pengepul dan uang yang didapat digunakan untuk mendukung kegiatan operasional Rumbai. Rencana ke depan, Rumbai akan mulai memberikan pelatihan kepada anak-anak yang berkunjung untuk memanfaatkan botol plastik menjadi kerajinan-kerajinan yang mempunyai nilai ekonomis.

 

Gondo Irawan selaku Jambi Field Manager menyampaikan bahwa Rumbai merupakan salah satu program CSR yang dilakukan Pertamina EP dalam rangka meningkatkan minat baca dan belajar anak-anak. Selain itu, Rumbai juga dikenal sebagai tempat belajar alternatif dimana anak-anak yang berkunjung juga diajarkan untuk merawat kebudayaan Jambi melalui kegiatan selokoh, puisi dan dongeng.

 

“Program Siku Sipah merupakan salah satu program unggulan dari Pertamina EP dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Jambi untuk mengurangi penggunaan plastik. Sejak usia dini, kita mengenalkan kepada anak-anak tentang dampak negatif yang diakibatkan penggunaan plastik bagi lingkungan sekitar”, ungkap Gondo.

 

Gondo juga menambahkan bahwa Rumbai terbuka untuk umum, pada hari Senin-Jumat buka mulai pukul 13.00 – 17.00 WIB sedangkan Sabtu dan Minggu buka lebih awal pada pukul 09.00 -17.00 WIB.

 

Awal tahun 2019, Pemerintah Kota Jambi telah bergerak maju membuat kebijakan yang peduli terhadap lingkungan. Guna mengurangi dampak meluasnya sampah plastik di wilayah perkotaan, pusat perbelanjaan dan ritel modern, Pemerintah Kota Jambi melarang penyediaan kantong plastik non degradable (tidak dapat diurai) bagi konsumen. ("/Lan)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
20 JanuarI 2020 - 13:20
sinarjambi.com - Serda Raharja pada hari Senin (20/1/2020) bertempat di Aula Makodim 0420/Sarko melaksanakan Penyuluhan ...
Post by Redaksi
20 JanuarI 2020 - 10:51
sinarjambi.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengeluarkan aturan permodalan untuk perbankan nasional. Aturan ini ...
Post by Redaksi
18 JanuarI 2020 - 11:12
sinarjambi.com - Kerja keras anggota DPRD Kota Jambi Kemas Faried Alfarelly dalam mesosialisasikan usulan pembangunan ...
Post by Redaksi
19 JanuarI 2020 - 20:04
sinarjambi.com - Polisi menyebut saat ini sudah ada total 710 member investasi MeMiles yang telah melapor. Laporan para ...
Post by Redaksi
20 JanuarI 2020 - 08:22
sinarjambi.com - Anthony Sinisuka Ginting gembira akhirnya bisa juara lagi di Daihatsu Indonesia Masters. Semakin ...
Post by Redaksi
20 JanuarI 2020 - 09:29
sinarjambi.com - Jembatan gantung di Desa Manau Sembilan II, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Bengkulu, ...