JoomlaLock.com All4Share.net
BI Jambi Gelar Sosialisasi Kebanksentralan, GNNT dan Keaslian Uang Rupiah di IAIN Kerinci
Foto : Rolan/sinarjambi.com

sinarjambi.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi menggelar sosialisasi kebanksentralan, Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan ciri-ciri keaslian uang Rupiah kepada mahasiswa IAIN Kerinci, Selasa (19/11/2019) siang.

 

Mengambil tempat di aula kampus, mahasiswa mendapat pemaparan dari kepala fungsi kordinasi dan komunikasi kebijakan, Aya Sophia, staf unit pengelolaan uang Rupiah, Witono dan Didit Wahyu Pradipta selaku Asisten Manager fungsi kordinasi dan komunikasi kebijakan.

 

Aya Sophia menyampaikan materi tentang kebanksentralan. Dijelaskannya, tugas pokok BI yakni menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan dan stabilitas sistem pembayaran. Aya pun menjelaskan perbedaan BI dengan bank konvensional.

 

"Jadi adik-adik mahasiswa harus tahu, jika BI tidak sama dengan bank konvensional seperti BRI, BNI dan lainnya. BI berfungsi luas cakupannya. Salah satunya menjaga stabilitas Rupiah. Jadi, BI tidak menghimpun dana dari masyarakat," tegas Aya.

 

Stabilitas moneter, tambah Aya, dilakukan dengan membuat kebijakan moneter atau kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar dari sisi permintaan.

 

P 20191119 112631

Pemaparan dari Aya Sophia.

 

"Di mana terdapat dua jenis kebijakan moneter yaitu pertama ekspansif yakni peningkatan jumlah uang beredar dan yang kedua kontraktif yaitu pengurangan jumlah uang yang beredar."

 

"Secara umum kebijakan tersebut dilaksanakan dengan instrumen operasi pasar terbuka, giro wajib minimum, fasilitas diskonto dan himbauan moral," jelas Aya.

 

Sementara, Didit menyampaikan materi tentang Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

 

BI kata Didit, pada tanggal 14 Agustus 2014 mencanangkan serta mendorong masyarakat menggunakan sistem pembayaran dan instrumen pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi pembayaran.

 

"Manfaat dari GNNT yaitu lebih praktis, akses lebih luas, transparansi transaksi, efisiensi Rupiah dan terakhir perencanaan ekonomi lebih akurat," ujar Didit.

 

P 20191119 120812 BF 1

Didit saat menyampaikan materi GNNT.

 

Sementara, Witono menyampaikan materi tentang ciri-ciri keaslian uang Rupiah. Cara yang mudah mengecek keaslian Rupiah, kata Witono yakni dengan melakukan 3 D. Yaitu dilihat, diraba dan diterawang.

 

Witono juga menyampaikan bagaimana caranya memperlakukan uang Rupiah dalam kondisi baik yaitu dengan istilah kenali 5 jangan.

 

"Jadi adik-adik mahasiswa dalam menjaga kondisi uang Rupiah tetap dalam kondisi yang baik pertama jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas dan terakhir jangan dibasahi," jelas Witono.

 

P 20191119 112520 BF 1

Witono (dua kanan) memberikan doorprize kepada mahasiswa.

 

Acara yang diikuti ratusan mahasiswa IAIN Kerinci berlangsung cukup interaktif dan diwarnai dengan tanya jawab yang cukup konstruktif.

 

Selain itu kepada peserta yang beruntung juga diberikan door prize menarik. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 23:20
sinarjambi.com - Penampilan Wali Kota Jambi, Sy Fasha bersama vokalis band ibukota J-Rocks menjadi puncak penutupan ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 15:43
sinarjambi.com - Dana corporate social responsibility (CSR) BUMN dinilai belum fokus pada sektor pendidikan dan ...
Post by Redaksi
14 November 2019 - 19:44
sinarjambi.com - Pasca pengunduran diri dr Iskandar Budiman Oktober 2019 lalu, akhirnya DPP Partai Perindo memberikan ...
Post by Redaksi
15 Desember 2019 - 00:23
sinarjambi.com - Keberadaan Fellas Cafe yang berdekatan dengan masjid Assaadah, Sukerejo, Thehok dipermasalahkan Front ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 14:37
sinarjambi.com - Sebanyak 26 pemain asing lolos tes medis Indonesian Basketball League (IBL). Mereka dinyatakan layak ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 16:41
sinarjambi.com - Personel Pos Laktutus Satgas Pamtas RI- RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ membagikan pakaian layak ...