JoomlaLock.com All4Share.net
Mengenal Perpustakaan BI Perwakilan Provinsi Jambi
Dewi saat di ruang kerjanya perpustakaan BI Jambi. Foto : Rolan/sinarjambi.com

sinarjambi.com - Selama ini masyarakat mengenal Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) provinsi Jambi mungkin selalu bersentuhan dengan dunia perekonomian.

 

Ternyata, sejak tahun 2013, kantor perwakilan BI provinsi Jambi juga membuka perpustakaan untuk masyarakat umum, mulai pukul 7.30 - 16.30 setiap hari kerja Senin sampai Jumat.

 

Dengan koleksi buku sebanyak 4.700 lebih, perpustakaan BI Jambi banyak dimanfaatkan mahasiswa.

 

Pustakawati BI Jambi, Dwi Apriana Putri (28) menyampaikan tingginya minat masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa yang berkunjung dan meminjam buku.

 

Menurut Dwi, kebanyakan buku yang disasar mahasiswa tak lain berhubungan dengan ekonomi dan keuangan.

 

"Sebenarnya sudah lama, tapi perpustakaan ini dibuka untuk umum Juni 2013. Sebenarnya kan memang ini perpustakaan khusus digunakan untuk pegawai saja, tapi biar lebih bermanfaat makanya kita buka untuk umum," ujar Dwi saat ditemui, Senin (18/11/2019) pagi di perpustaakan BI Jambi.

 

Sebelumnya, perpustakaan berada di lantai 3 gedung BI Jambi dan menyulitkan masyarakat karena alasan keamanan. Oleh BI pusat, ingin memajukan perpustakaan seluruh kantor perwakilan.

 

Akhirnya, perpustakaan dipindahkan di samping kantor BI Jambi, persisnya di pintu masuk parkir dalam kawasan BI Jambi.

 

Sejak dibuka untuk umum, kunjungan meningkat tajam. Terlebih, banyak mahasiswa yang tengah menyusun skripsi meminjam buku.

 

Ini tentu sangat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya. Syaratnya pun tak sulit. Cukup KTP atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebagai jaminan.

 

"Yang lagi skripsi, dia boleh meminjam buku referensi disini. Selain itu mereka juga boleh misalnya nggak ketemu buku yang mereka pengenin, yang mereka butuhkan."

 

"Jadi mereka bisa mencatat. Kita menyediakan form untuk mereka menulis misalnya judul buku apa yang mereka butuhkan, pengarangnya siapa nanti selama selagi kita masih ada anggaran," ujar Dwi.

 

Koleksi perpustakaanpun tak melulu tentang ekonomi dan keuangan. Terdapat juga buku umum seperti komik sampai novel.

 

Menariknya, sejak tahun 2018 perpustakaan ini juga memiliki aplikasi iBI Library, dimana pengunjung bisa meminta jurnal secara online.

 

"Jadi bagi mahasiswa yang buat skripsi atau buat makalah itu kan kita ada referensi untuk jurnalnya kan. Jadi kita ada kantor pusat itu bekerja sama dengan Jstor, sciendirect dan Proquest,"

 

"Jadi semacam kita dikasih Passwordnya, di situ kita bisa ngambil jurnal online yang internasional itu bisa digunakan mahasiswa sebagai referensi mereka," jelas Dwi.

 

Jumlah pengunjung pun meningkat pesat. Selain tempatnya yang sangat nyaman, juga koleksi buku yang cukup lengkap dan beragam. (Rolan)

 

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 23:20
sinarjambi.com - Penampilan Wali Kota Jambi, Sy Fasha bersama vokalis band ibukota J-Rocks menjadi puncak penutupan ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 15:43
sinarjambi.com - Dana corporate social responsibility (CSR) BUMN dinilai belum fokus pada sektor pendidikan dan ...
Post by Redaksi
14 November 2019 - 19:44
sinarjambi.com - Pasca pengunduran diri dr Iskandar Budiman Oktober 2019 lalu, akhirnya DPP Partai Perindo memberikan ...
Post by Redaksi
15 Desember 2019 - 00:23
sinarjambi.com - Keberadaan Fellas Cafe yang berdekatan dengan masjid Assaadah, Sukerejo, Thehok dipermasalahkan Front ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 14:37
sinarjambi.com - Sebanyak 26 pemain asing lolos tes medis Indonesian Basketball League (IBL). Mereka dinyatakan layak ...
Post by Redaksi
14 Desember 2019 - 16:41
sinarjambi.com - Personel Pos Laktutus Satgas Pamtas RI- RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ membagikan pakaian layak ...