JoomlaLock.com All4Share.net
Darmin Kritik Kurikulum SMK di Indonesia

sinarjambi.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan keinginan pemerintah untuk arah pendidikan vokasi. Menurut Darmin, pendidikan vokasi Indonesia masih belum efektif.

 

Darmin menyoroti kurikulum SMK yang menurutnya masih belum bisa fokus membuat muridnya memiliki keahlian. Menurutnya, kurikulum di Indonesia terlalu banyak mengajarkan keahlian, daripada membuat ahli.

 

"Dia (murid) terlalu diajar banyak, tapi sedikit-sedikit, ya tidak bisa juga. Begitu dites, ngelas sedikit bisa tapi begitu bongkar motor, apa-apa nggak ngerti lagi," ujar Darmin dalam paparannya pada acara Rembuk Pendidikan Kejuruan SMK 2018, di Pullman Hotel Jakarta, Rabu (5/12/2018).

 

Darmin juga menyampaikan bahwa menurut Presiden biaya SMK terlalu mahal. "SMK di mata Presiden terlalu mahal, 3 tahun hanya dapat ijazah sangat terlalu mahal," ujarnya.

 

Darmin mengusulkan agar sekolah-sekolah vokasi, khususnya SMK bisa menggunakan modul khusus. Modul tersebut berisi kurikulum yang fokus membuat murid memiliki kompetensi yang lebih baik.

 

"Maka misal modul bikin rumah, tahun pertama dia dapat kompetensi bikin pintu dan jendela. Kemudian, tahun kedua barangkali nambah jadi kompetensi pasang pondasi, kemudian ada urusan, air, listrik kemudian pasang dinding sama atap," jelas Darmin.

 

Dilansir dari detik.com, Darmin menyimpulkan apabila sekolah vokasi sistem kurikulumnya dengan modul, tamatan SMK sudah dipastikan siap untuk berkerja. Bahkan, membuka lapangan kerja sendiri.

 

"Kalau tamat dia punya ijazah 5 standar kompetensi misalnya, masa nggak bisa kerja kayak gitu? Kalaupun nggak bisa kerja, tapi bisa lah bikin (lapangan) kerja," ungkapnya. (eds/eds)

 

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 15:33
sinarjambi.com - Digelar Penganugrahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2018 oleh Wakil Presiden RI dan Kemen ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 14:37
sinarjambi.com - PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan ...
Post by Redaksi
31 Oktober 2018 - 20:27
sinarjambi.com - Anggota DPR RI dapil Jambi, Elviana berharap anggaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019, ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 11:45
sinarjambi.com - Polisi mendalami unsur pidana di kasus tercecernya 2.005 e-KTP di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. ...
Post by Redaksi
09 Desember 2018 - 18:26
sinarjambi.com - Tiga tim harus menerima kenyataan pahit terdegradasi dari Liga 1. PSMS Medan, Sriwijaya FC, dan Mitra ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 17:41
sinarjambi.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan masih ada pejabat daerah yang membuang-buang ...