JoomlaLock.com All4Share.net
KPU Diminta Perhatikan Pekerja yang Masuk Saat Pencoblosan

sinarjambi.com - KPU tengah memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 bersih dari identitas ganda. DPT ini dinilai harus memperhatikan hak warga, termasuk bagi mereka yang bekerja pada hari pencoblosan pada 17 April 2019.

 

"Kalau dalam pandangan kami DPT bersih tak cukup, yang kita perlukan DPT konstitusional," ujar Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini, dalam dialog publik 'DPT Bersih, Selamatkan Hak Pilih', di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9/2018).

 

Dilansir dari detik.com, Titi mengatakan hak pilih memiliki konteks besar. Sehingga menurutnya KPU perlu meluaskan komitmentnya untuk memastikan hak pilih warga tidak hilang.

 

"Kalau bersih saja KPU kerjanya prosedural, kalau bicara hak pilih masyarakat konteksnya lebih besar. Jadi kalau bicara soal DPT kita perlu luaskan komitmen kita, tidak hanya bersih tapi juga memastikan warga yang punya hak pilih tidak tereliminasi (tersisihkan)," kata Titi. 

 

Dia mengatakan penggunaan hak pilih tidak dapat selalu tergantung pada partisipasi. Salah satu contohnya, kata Titi, jam kerja dalam profesi dokter dan suster pada saat hari pemungutan suara. 

 

"Dokter dan perawat apa iya dokter dan perawat bisa diatur jam kerjanya bahwa pada 17 April 2019 harus masuk kerja sehingga A5 bisa diurus?" sebutnya.

 

"Itu juga harus menjadi isu, kalau bicara hak pilih tidak hanya mendata hak pilih, tapi bagaimana penggunaan hak pilih itu bisa dipergunakan dengan baik," tambah Titi.

 

Sehingga menurutnya, KPU memiliki keputusan dalam memperluas komitmennya. Dengan memperhatikan bagaimana warga negara dapat menggunakan hak pilihnya.

 

"KPU melayani pemilih dengan ala kadarnya, atau ingin meluaskan komitmennya untuk perlindungan warga negara untuk menggunakan hak pilihnya dan diperlakukan secara setara," ucap dia. (dwia/elz)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
15 November 2018 - 16:48
sinarjambi.com - Bertempat di lapangan upacara Mako Sat Brimob Polda Jambi, Kepolisian Daerah (Polda) Jambi, Kamis ...
Post by Redaksi
15 November 2018 - 17:14
sinarjambi.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 14-15 November 2018 memutuskan untuk menaikkan BI 7-day ...
Post by Redaksi
31 Oktober 2018 - 20:27
sinarjambi.com - Anggota DPR RI dapil Jambi, Elviana berharap anggaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019, ...
Post by Redaksi
14 November 2018 - 14:23
sinarjambi.com - Polisi telah memastikan sopir GrabCar asal Palembang, Sumatera Selatan, Sofian tewas dibunuh. Pada ...
Post by Redaksi
15 November 2018 - 15:21
sinarjambi.com - Pesta olahraga tingkat provinsi Jambi yakni Porprov XXII tahun 2018, siang ini mempertandingkan cabang ...
Post by Redaksi
15 November 2018 - 14:35
sinarjambi.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan dari 4 juta yang melamar tes seleksi CPNS, hanya 1,8 juta ...