JoomlaLock.com All4Share.net
Lantik Panwascam, Edi Martono Tekankan Tugas Berat Pengawas Pemilu

sinarjambi.com - Panwaslu Kabupaten Sarolangun telah melantik 30 anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Sarolangun dalam rangka pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Dalam acara pelantikan yang diselenggarakan di Hotel Abadi Sarolangun ini, Ketua Panwaslu Kabupaten Sarolangun Edi Marrtono, SE mengatakan bahwa anggota yang dilantik sudah menjadi keluarga besar Bawaslu Provinsi Jambi yang mempunyai tugas berat dalam mensukseskan Pemilu yang akan diselenggarakan tahun 2019 mendatang.

"Kita mempunyai tugas berat, karena sudah menjadi bagian dari keluarga besar Bawaslu dan bertanggung jawab dalam bekerja sesuai Undang Undang nomor 7 tahun 2017", kata Edi Martono dengan maksud bahwa dalam menciptakan pemilu yang berintegritas, pengawas pemilu harus mampu menjaga netralitas dan etika.

30 nama anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik merupakan pengawas pemilu yang terdiri dari 3 orang pada setiap kecamatan, dan dalam mengerjakan tugas pengawasan nantinya dibantu oleh staf sekretariat, Panwaslu desa/kelurahan serta pengawas TPS.

Pengawas pemilu kecamatan yang dilantik akan bekerja selama 21 bulan, terhitung sejak pelantikan hingga dua bulan setelah pemilihan, "menurut perhitungan lamanya bertugas, anggota panwaslu kecamatan yang dilantik akan bekerja selama 21 bulan sesuai Undang undang dan peraturan yang berlaku", tambah Edi Martono.

Edi juga menekankan, anggota Panwaslu kecamatan harus memahami pekerjaan, memahami undang undang, tidak boleh memihak dan harus netral, "yang terpenting di dalam pekerjaan pengawasan, kita harus tahu apa tugas kita yang diamanatkan Undang undang dan peraturan yang berlaku serta petunjuk dari Bawaslu", urai Edi Martono yang selalu mengingatkan azas pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil yang harus sejalan dengan integritas penyelenggara pemilu.

Namun yang tak kalah pentingnya, lanjut Edi Martono adalah kerjasama yang baik dan sinergisitas sesama anggota panwaslu dalam mengawasi semua tahapan pemilu, "Kerja sama yang baik dan sinergi antara sesama anggota panwaslu dalam mengawasi semua tahapan pemilu juga sangat penting", pungkas Edi Martono.

Hadir pada acara pelantikan ini Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Sekda Thabroni Rozali, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, Ketua KNPI JB Martin, Taufik Kurniawan SE mewakili Bawaslu Provinsi Jambi, M Fachri, M.Pd mewakili KPU Sarolangun dan para undangan lainnya.

Menurut pantauan sinarjambi.com acara pelantikan berlangsung sukses dan pada malamnya dilanjutkan dengan pemilihan ketua masing masing kecamatan dan pembekalan bagi semua anggota Panwaslu kecamatan. (Agus)

 

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
14 Agustus 2018 - 15:31
sinarjambi.com - Media gathering SKK Migas-KKKS Sumbagsel bersama Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumatera Selatan dan ...
Post by Redaksi
13 Agustus 2018 - 09:45
sinarjambi.com - Indonesia akan meningkatkan pemanfaatan biodiesel, dari yang tadinya 20%, kemudian akan ditingkatkan ...
Post by Redaksi
04 Agustus 2018 - 08:27
sinarjambi.com - Bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPD asal Papua, Wilhelmus Rollo, bikin heboh. Penyebabnya, ...
Post by Redaksi
11 Agustus 2018 - 18:45
sinarjambi.com - SA (27), seorang ayah di Indragiri Hulu (Inhu) Riau, ditangkap polisi karena kasus pencabulan. SA ...
Post by Redaksi
14 Agustus 2018 - 12:22
sinarjambi.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) punya rencana untuk mewajibkan klub di Liga 1 memakai striker lokal. Itu ...
Post by Redaksi
14 Agustus 2018 - 14:17
sinarjambi.com - Bayi yang dibawa di dalam jok motor oleh Dimas Sabhra Listianto (21), ternyata hasil hubungan dengan ...

xxxx