JoomlaLock.com All4Share.net
Sekda Minta Dekranasda Provinsi Jambi Harus Punya Terobosan Kreatif
Foto : Rolan - sinarjambi.com

sinarjambi.com - Terobosan kreatif diperlukan bagi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi Jambi. Dengan demikian, dapat membantu pengrajin meningkatkan penghasilan dari produk yang diciptakan.

 

Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Jambi, M Dianto menegaskan hal itu saat membuka rapat kerja daerah (Rakerda) Dekranasda provinsi Jambi, di auditorium rumag dinas Gubernur Jambi, Kamis (15/11/2018).

 

Sekda menambahkan, sebagai wadah kerajinan seni dan budaya, dekranasda Provinsi Jambi harus senantiasa tampil sebagai fasilitator bagi pengrajin dan terus meningkatkan mutu dan standar produk yang dihasilkan.

 

"Mencermati kemajuan teknologi dewasa ini, maka Saya mengajak dekranasda Provinsi Jambi untuk memfasilitasi para pengrajin dan pelaku pelaku usaha sektor kerajinan agar ikut memanfaatkan kemajuan teknologi, dalam hal ini modernisasi produk lewat transfer teknologi."

 

"Saya mengajar Dekranasda untuk membangun sinergitas kerja dengan pemerintah, guna membahas dukungan modal bagi para perajin dan pelaku usaha lewat kredit-kredit produktif," ujarnya saat membuka Rakerda.

 

P 20181115 095054 BF

 

Selain itu, Sekda juga berharap dekranasda untuk menjalin sinergitas kerja yang lebih luas dengan pemangku-pemangku kepentingan, untuk membuka dan menyediakan akses pasar yang lebih luas bagi produk-produk yang dihasilkan oleh para pengrajin dan pelaku usaha.

 

"Saya optimis, dekranasda provinsi mampu mengaktualisasikan berbagai hal konstruktif bersama pemerintah dalam mempercepat terwujudnya Jambi yang lebih tertib, unggul, nyaman, tangguh dan sejahtera di segala bidang."

 

"Saya mengapresiasi pelaksanaan rapat kerja ini, yang merupakan bentuk pemanfaatan dalam menyusun dan melaksanakan program kerja dekranasda, yang dapat menghasilkan terobosan yang kreatif sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan para pengrajin," pungkas M Dianto.

 

Sebelumnya, Plt Ketua Dekranasda provinsi Jambi, Rahima Fachrori menjelaskan bahwa rakerda merupakan agenda rutin tahunan. Rakerda diijuti 152 peserta dari pemerintah kabuoaten/kota dan organisasi wanita.

 

"Diharapkan dekranasda kabupaten/kota se-provinsi Jambi agar budaya Jambi dapat terpelihara yang dicintai dan digunakan dalam masyarakat Jambi," ujarnya.

 

Rahima juga menyampaikan rangkaian kegiatan rakerda, yaitu sosialisasi peningkatan kualitas, kuantitas dan kontinuitas perajin menuju pasar nasional dan mancanegara, yang akan dilaksanakan tanggal 16 November.

 

"Pelatihan pembuatan desain tas dan anyaman, pelatihan pembuatan miniatur rumah adat Jambi yang merupakan salah satu upaya dekranasda Provinsi Jambi untuk memotivasi produk-produk yang berada dari provinsi Jambi," tutup Rahima.

 

Rakerda dimeriahkan dengan penampilan baju adat pengantin dari seluruh kabupaten/kota se-provinsi Jambi. (Rolan)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 15:33
sinarjambi.com - Digelar Penganugrahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2018 oleh Wakil Presiden RI dan Kemen ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 14:37
sinarjambi.com - PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan ...
Post by Redaksi
31 Oktober 2018 - 20:27
sinarjambi.com - Anggota DPR RI dapil Jambi, Elviana berharap anggaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019, ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 11:45
sinarjambi.com - Polisi mendalami unsur pidana di kasus tercecernya 2.005 e-KTP di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. ...
Post by Redaksi
09 Desember 2018 - 18:26
sinarjambi.com - Tiga tim harus menerima kenyataan pahit terdegradasi dari Liga 1. PSMS Medan, Sriwijaya FC, dan Mitra ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 17:41
sinarjambi.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan masih ada pejabat daerah yang membuang-buang ...