JoomlaLock.com All4Share.net
Ini Catatan Akhir Tahun YKR - IMN Terkait Konflik Tenurial
sinarjambi.com - Yayasan Keadilan Rakyat (YKR) melakukan pres release catatan akhir tahun 2017 tentang konflik tenurial di Provinsi Jambi. Acara ini berlangsung di Pondok Kelapa, Komplek Pujasera, Jelutung, Kota Jambi, Kamis (4/1/2018).

Dua narasumber yakni Musri Nauli dari YKR dan Ahmad Zazali dari Impartial Meiator Network (IMN) memaparkan terkait situasi konflik yang berkaitan dengan pengelolan Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia pada umumnya dan Provinsi Jambi khususnya. Beberapa analisis-analisis terhadap konflik yang terjadi dipaparkan di hadapan para rekan-rekan NGO dan media yang ada di Jambi.

Sesi pertama pemaparan disampaikan oleh Ahmad Zazali, yang menjelaskan potret konflik tenurial secara nasional. Dipaparkannya, bahwa Sumatera memang menduduki wilayah potensi konflik tertinggi. Untuk rangkingnya Jambi menduduki posisi kedua. Posisi pertama ada di Riau.

Yang paling banyak dari konflik tersebut adalah konflik masyarakat dengan pemegang izin. 64 persen jika dihitung dari seluruh konflik di Indonesia adalah konflik antar masyarakat dengan pemegang izin atau perusahaan.

Dia menyebutkan di Jambi sendiri ada 53 persen dari keseluruhan desa terletak di dalam kawasan hutan. Skema penanganan konflik secara nasional adalah penegakan hukum, perhutanan sosial, reforma agraria dan mediasi. Secara nasional capaian perhutanan sosial baru 5 persen dari target 12,7 hektar, dari tahun 2007 hingga 2017.

"Konflik itu timbul karena banyak sekali kebijakan yang tumpang tindih. Sehingga muncul keinginan untuk membuat kebijakan satu peta. Dari segi peta saja sudah berkonflik. Memang langkah awal untuk menangani konflik harus ada harmonisasi kebijakan," papar Zazali.

Izin izin kawasan juga terkadang tidak mempertimbangkan apakah ada wilayah wilayah yang sudah dikuasai ole masyarakat atau belum. Dirinya melihat sebenarnya rezim ini membiarkan rakyat berkompetisi dengan pengusaha dalam mengelola kawasan hutan.

"Repotnya penanganan konflik ini, pertumbuhan konflik baru itu lebih cepat daripada penanganan konflik yang ada. 10 konflik yang selesai, 20 muncul konflik yang baru. Sehingga angka konflik itu semakin bertambah," tutupnya.

Sementara di Provinsi Jambi sendiri Total konflik yang ada dari 1999 smpai 2000 sebanyak 300 konflik yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam. Hal tersebut dipaparkan Musri Nauli dari YKR. Dia mengatakan, dari 300 konflik itu terbagi menjadi dua sektor yaitu sektor perkebunan kelapa sawit dan kawasan hutan.

"Pelajaran penting dari konflik di sawit adalah banyak sekali konflik yang belum diselesaikan. Di sektor HTI pola penyelesaiannya berbagai macam, masih memakai cara penyelesaian menggunakan kekerasan," Katanya.

Ada ketidakpercayaan masyarakat kepada perusahaan yang berupaya menyelesaikan konflik. Hal tersebut karenapengalaman-pengalaman buruk yang terjadi sebelumnya yang dialami masyarakat ketika pihak perusahaan menyelesaikan konflik.

"Ada pelajaran pelajaran penting. Ada kejenuhan berbagai pihak dalam melihat konflik, dan ada peluang-peluang untuk mau membicarakan," tambahnya.

Sementara untuk kasus pembunuhan Indra Pelani, salah satu tokoh pejuang petani di Desa Lubuk Madarsah, Kabupaten Tebo oleh pihak perusahaan, dia mengatakan bahwa kasus itu sudah diselesaiakan secara adat.

"Pihak perusahaan sudah diminta untuk membayar denda adat. Itu sudah diselesaikan di bulan mei 2015," tandasnya. (Hajrin)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • GAYA HIDUP
  • POTRET
Post by Redaksi
22 Juni 2018 - 16:14
sinarjambi.com - Miris! Kata ini rasanya tepat disematkan pada kondisi rumah H Sofyan Dayah (69), warga jalan RA ...
Post by Redaksi
12 Juni 2018 - 14:37
sinarjambi.com - Kebutuhan uang selama Ramadhan dan persiapan jelang hari besar keagamaan Islam Idul Fitri tahun ini, ...
Post by Redaksi
23 Juni 2018 - 16:52
sinarjambi.com - Kampanye akbar pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi Fasha-Maulana, Sabtu (23/6/2018) ...
Post by Redaksi
06 Juni 2018 - 19:02
sinarjambi.com - Kapolda Jambi Brigjen Muchlis bersama Forkompinda provinsi Jambi, Rabu (6/6/2018) pagi memusnahkan ...
Post by Redaksi
09 JanuarI 2018 - 18:17
sinarjambi.com - Tingginya animo generasi muda terhadap olahraga basket yang terlihat memenuhi GOR Kota Baru ...
Post by Redaksi
14 April 2017 - 10:57
sinarjambi.com - Menggunakan makeup lengkap untuk sehari-hari jarang terwujud, karena kebanyakan dari kita biasanya ...