JoomlaLock.com All4Share.net
OJK: Investor Jangan Hitung-hitungan Keuntungan Produk Syariah

sinarjambi.com - Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengatakan, sebenarnya banyak potensi bagi produk keuangan syariah bisa berkembang di Indonesia. Hal ini karena mayoritas penduduknya beragama islam.

 

Oleh karena itu, OJK mendorong keberpihakan terhadap pasar modal dan ekonomi syariah lebih besar sehingga bisa bersaing dengan produk konvensional.

 

"Bukan terbatas pada produk dan akad, tapi pemahaman bahwa pasar modal syariah ini merupakan tuntutan kebutuhan umat islam di Indonesia," ujar Hoesen di Jakarta, Rabu (5/11/2018).

 

Sayangnya, pertumbuhan ekonomi syariah cenderung lambat dibandingkan produk konvensional. Kemungkinan hal ini disebabkan karena yield produk syariah tak sebesar instrumen konvensional. Pengetahuan masyarakat mengenai instrumen syariah juga masih minim sehingga merasa lebih aman menggunakan produk konvensional.

 

"Keberpihakan kita terhadap ekonomi syariah adalah kepada prinsip-prinsip syariahnya, bukan semata-mata mengejar yield atau peruntungan," kata Hoesen.

 

Hoesen mengatakan, perlu ada perubahan pola pikir investor terhadap produk syariah yang seolah termarjinalkan. Ke depannya, jangan lagi investor terjebak dengan instrumen non syariah karena cara berpikirnya untuk mengejar keuntungan.

 

Dengan capaian pertumbuhan sukuk, konstituen saham syariah, hingga reksa dana syariah tahun ini, Hoesen optimistis pasar modal syariah mampu berkembang lebih dri sebelumnya.

 

"Insya Allah ke depan instrumen syariah akan berkembang dan semakin besar. Penggunanya bisa bank, bisa beberapa pihak, bank syariah, misalnya," kata Hoesen. (Kompas.com)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 15:33
sinarjambi.com - Digelar Penganugrahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2018 oleh Wakil Presiden RI dan Kemen ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 18:24
sinarjambi.com - PT Pertamina (Persero) baru saja meluncurkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). SPLU ini sebagai ...
Post by Redaksi
31 Oktober 2018 - 20:27
sinarjambi.com - Anggota DPR RI dapil Jambi, Elviana berharap anggaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019, ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 11:45
sinarjambi.com - Polisi mendalami unsur pidana di kasus tercecernya 2.005 e-KTP di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. ...
Post by Redaksi
09 Desember 2018 - 18:26
sinarjambi.com - Tiga tim harus menerima kenyataan pahit terdegradasi dari Liga 1. PSMS Medan, Sriwijaya FC, dan Mitra ...
Post by Redaksi
10 Desember 2018 - 17:41
sinarjambi.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan masih ada pejabat daerah yang membuang-buang ...