JoomlaLock.com All4Share.net
RI akan Nego Insentif Ekspor Sawit dalam Pertemuan di Malaysia

sinarjambi.com - Indonesia akan mengajukan negosiasi tarif bea masuk minyak sawit pada pertemuan rapat tahunan Organisasi Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, dalam pertemuan yang akan dilaksanakan di Malaysia, Kamis (8/11/2018), Indonesia akan mengangkat isu persamaan hak bea masuk minyak sawit dengan Malaysia. 

 

"Kan kita ada isu bilateral ada juga isu bersama. Kalau isu sendiri-sendiri itu kan Malaysia punya kebijakan. Misalnya bea keluar mereka cabut. Mereka punya early harvest dengan India. Nah itu yang membuat posisi Indonesia dan Malaysia berbeda," jelas Airlangga usai rapat bersama Menteri Koordinator Perekonomian dan pengusaha sawit di Jakarta Pusat, Senin (5/11/2018). 

 

Menurut Airlangga bea masuk minyak sawit Malaysia lebih murah 4% dibandingkan Indonesia. Hal ini tentu merugikan posisi Indonesia. 

 

"Mereka punya bea masuk CPO dari Malaysia itu 4% lebih murah daripada Indonesia. Start mulai Januari 2019, tentu ini merugikan posisi Indonesia. sehingga kita melihat posisi kita untuk negosiasi dengan Malaysia. Kemudian kedua posisi biodisel pun mereka masih 7,5%, padahal dalam perjanjiannya mereka 10%, itu sudah diamanatkan di 2018 ini sehingga tentu tahun depan kita push lagi kapan mereka ikut Indonesia di B20," papar dia.

 

Dilansir dari detik.com, Airlangga menambahkan jika dibandingkan dengan posisi yang sama antara pengusaha sawit Malaysia dan Indonesia, pihak Malaysia lebih diuntungkan daripada Indonesia. 

 

"Karena dengan demikian kan kalau dihitung perusahaan Indonesia kena bea keluar, dia nggak kena. Kemudian bea masuk ke India dia lebih diuntungkan. Sehingga dalam posisi dagang, Malaysia lebih diuntungkan daripada Indonesia. Ini yang harus dibicarakan dalam rapat ini," jelas dia. (hns/hns)

Bagikan ke Medsos !
loading...

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • RAGAM BERITA
Post by Redaksi
15 November 2018 - 16:48
sinarjambi.com - Bertempat di lapangan upacara Mako Sat Brimob Polda Jambi, Kepolisian Daerah (Polda) Jambi, Kamis ...
Post by Redaksi
15 November 2018 - 17:14
sinarjambi.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 14-15 November 2018 memutuskan untuk menaikkan BI 7-day ...
Post by Redaksi
31 Oktober 2018 - 20:27
sinarjambi.com - Anggota DPR RI dapil Jambi, Elviana berharap anggaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2019, ...
Post by Redaksi
14 November 2018 - 14:23
sinarjambi.com - Polisi telah memastikan sopir GrabCar asal Palembang, Sumatera Selatan, Sofian tewas dibunuh. Pada ...
Post by Redaksi
15 November 2018 - 15:21
sinarjambi.com - Pesta olahraga tingkat provinsi Jambi yakni Porprov XXII tahun 2018, siang ini mempertandingkan cabang ...
Post by Redaksi
15 November 2018 - 14:35
sinarjambi.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan dari 4 juta yang melamar tes seleksi CPNS, hanya 1,8 juta ...