JoomlaLock.com All4Share.net
BI : Kinerja Ekonomi Membaik dengan Struktur yang Lebih Kuat

sinarjambi.com - Perekonomian Indonesia terus menunjukkan kinerja yang membaik. Realisasi pertumbuhan PDB triwulan IV 2017 tercatat 5,19% (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan capaian triwulan sebelumnya sebesar 5,06% (yoy).

Kinerja PDB pada triwulan IV 2017 tersebut melanjutkan perkembangan positif pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk keseluruhan tahun 2017, pertumbuhan ekonomi tercatat 5,07% dan merupakan yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam rilisnya mengatakan, kinerja ekonomi pada triwulan IV 2017 didukung struktur yang lebih kuat. Kinerja investasi tumbuh tinggi sebesar 7,27% (yoy) pada triwulan IV 2017, didorong kenaikan investasi bangunan sejalan berlanjutnya pembangunan infrastruktur dan tetap tingginya investasi nonbangunan sebagai antisipasi peningkatan permintaan ke depan.

Sementara, ekspor tumbuh cukup tinggi sebesar 8,5% (yoy) pada triwulan IV 2017, dipengaruhi dampak positif kenaikan pemulihan ekonomi dunia dan peningkatan harga komoditas. Akselerasi belanja pemerintah juga turut mendorong pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2017.

Sementara itu, konsumsi rumah tangga tetap kuat didukung inflasi yang terkendali. Secara keseluruhan, pemulihan ekonomi turut mendorong kenaikan impor khususnya barang modal dan bahan baku untuk mendukung investasi dan proses produksi. 

Dari sisi lapangan usaha (LU), berlanjutnya pemulihan ekonomi pada triwulan IV 2017 terutama didorongpeningkatan kinerja LU Konstruksi, LU Transportasi dan Pergudangan, serta LU Informasi dan Komunikasi. 

Kinerja sejumlah industri seperti industri makanan dan minuman,industri tekstil dan pakaian jadi, serta industrilogam dasar, terlihat juga mulai meningkat, meskipun secara keseluruhan LU IndustriPengolahan masih belum kuat.

"Bank Indonesia memperkirakan pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut. Beberapa perkembangan positif pada triwulan IV 2017, baik dari sisi investasi, ekspor, maupun struktur lapangan usaha, diperkirakan dapat menjadi basis berlanjutnya proses pemulihan ekonomi ke depan," ujar Agusman.

Komitmen Pemerintah untuk terus memperkuat daya saing dan iklim usaha juga mendukung prospek pemulihan ekonomi tersebut. Ke depan, Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2018 berada pada kisaran 5,1-5,5%. (*)

Bagikan ke Medsos !

>

  • JAMBI KITA
  • BISNIS
  • POLITIK
  • HUKUM
  • OLAHRAGA
  • GAYA HIDUP
  • POTRET
Post by Redaksi
22 Juni 2018 - 16:14
sinarjambi.com - Miris! Kata ini rasanya tepat disematkan pada kondisi rumah H Sofyan Dayah (69), warga jalan RA ...
Post by Redaksi
12 Juni 2018 - 14:37
sinarjambi.com - Kebutuhan uang selama Ramadhan dan persiapan jelang hari besar keagamaan Islam Idul Fitri tahun ini, ...
Post by Redaksi
23 Juni 2018 - 21:18
sinarjambi.com - Sejak memimpin kota Jambi selama 4 tahun 8 bulan, calon Walikota Jambi petahana Sy Fasha, sukses ...
Post by Redaksi
06 Juni 2018 - 19:02
sinarjambi.com - Kapolda Jambi Brigjen Muchlis bersama Forkompinda provinsi Jambi, Rabu (6/6/2018) pagi memusnahkan ...
Post by Redaksi
09 JanuarI 2018 - 18:17
sinarjambi.com - Tingginya animo generasi muda terhadap olahraga basket yang terlihat memenuhi GOR Kota Baru ...
Post by Redaksi
14 April 2017 - 10:57
sinarjambi.com - Menggunakan makeup lengkap untuk sehari-hari jarang terwujud, karena kebanyakan dari kita biasanya ...